Deretan Selebritas Terkaya di Dunia, Sutradara Star Wars George Lucas hingga Kim Kardashian

Deretan Selebritas Terkaya di Dunia, Sutradara Star Wars George Lucas hingga Kim Kardashian

Berita Utama | inews | Senin, 23 September 2024 - 06:00
share

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah selebritas top dunia masuk deretan miliarder dunia versi Forbes. Sebagian besar dalam daftar ini telah menjadi miliarder dalam empat tahun terakhir, didorong oleh para artis yang memanfaatkan merek dan ketenaran mereka.

Mengutip Forbes , sebagian besar selebritas dalam daftar ini telah menghasilkan miliaran dolar dari usaha mereka sendiri dan usaha di luar klaim ketenaran mereka.

Bintang pop Rihanna, misalnya, membangun kekayaannya terutama dari sahamnya di dua perusahaan yang bernilai miliaran dolar, yaitu merek kosmetik Fenty Beauty, usaha patungan dengan raksasa barang mewah LVMH dan produsen pakaian dalam Savage X Fenty.

Jay-Z menjadi miliarder pertama di dunia hip hop berkat dua perusahaan minuman beralkohol, DUsse Cognac dan Armand de Brignac Champagne. Dia menjual 50 persen saham di perusahaan tersebut kepada LVMH, dan dia juga memiliki saham di Uber dan Block, di antara investasi lainnya.

Selain itu, Michael Jordan memperoleh kurang dari 100 juta dolar AS dari karier basketnya, tetapi mengantongi banyak uang dari Nike. Jordan memperoleh pendapatan terbesarnya pada bulan Agustus, ketika dia menjual saham mayoritasnya di Charlotte Hornets dengan valuasi yang sangat tinggi yaitu 3 miliar dolar AS.

Berikut deretan selebritas terkaya di dunia versi Forbes:

1. George Lucas

Sutradara Star Wars ini memulai debutnya sebagai miliarder pada tahun 1997. Dia merupakan selebritas terkaya berkat perusahaan produksinya LucasFilm yang dia jual ke Disney pada tahun 2012 dengan harga lebih dari 4 miliar dolar AS dalam bentuk tunai dan saham.

Kekayaan pria berusia 79 tahun ini diketahui mencapai 5,5 miliar dolar AS atau setara Rp83,53 triliun.

2. Steven Spielberg

Spielberg masuk dalam daftar tersebut sejak tahun 1994, sekaligus menjadi sutradara pertama yang namanya tercatat sebagai miliarder. Hal ini terjadi setelah serangkaian film hit termasuk Jaws, Jurassic Park, dan Schindlers List. Kekayaan bersihnya tercatat sebesar 4,8 miliar dolar AS atau setara Rp72,90 triliun.

Meski mengaku tidak menerima gaji selama hampir satu dekade, ternyata Spielberg bernegosiasi untuk mendapatkan persentase dari penjualan kotor untuk film-filmnya, dan dia masih mendapatkan sebagian dari setiap tiket yang terjual di taman hiburan Universal berkat serial Indiana Jones.

3. Michael Jordan

Jordan menjadi atlet miliarder pertama pada tahun 2015, tetapi bukan dari karier basketnya yang legendaris atau kemenangan judi. Sebaliknya, Jordan telah meraup lebih dari 1,8 miliar dolar AS dari kemitraan merek, yang paling terkenal adalah merek Jordan dari Nike.

Selain itu, Jordan juga melakukan investasi yang sangat bijak pada tahun 2010 dengan membeli tim NBA Charlotte Hornets seharga 175 juta dolar AS. Kemudian, dia menjual tim tersebut pada bulan Agustus 2023 seharga 3 miliar dolar AS. Kekayaan bersihnya tercatat sebesar 3,2 miliar dolar AS atau setara Rp48,60 triliun.

4. Oprah Winfrey

Pembawa acara ini menjadi miliarder perempuan kulit hitam pertama pada tahun 2003. Kemudian, pada tahun-tahun setelahnya Winfrey telah membangun mereknya menjadi kerajaan media dan bisnis, termasuk investasi dalam real estate dan perusahaan produksinya sendiri.

Setelah Winfrey mengungkapkan bahwa dia telah mulai mengonsumsi obat penurun berat badan, anggota dewan WeightWatchers yang sudah lama menjabat dan pemegang saham utama itu mengumumkan rencana untuk mengundurkan diri. Kekayaannya diperkirakan mencapai 2,8 miliar dolar AS atau setara Rp42,52 triliun.

5. Jay-Z

Miliarder pertama di dunia hip-hop ini menjual 50 persen saham merek sampanye miliknya, Armand de Brignac, kepada raksasa barang mewah LVMH pada tahun 2021 dengan harga sedikitnya 300 juta dolar AS.

Selain itu, Jay-Z juga melepas saham mayoritas di label cognac miliknya D'Usse pada tahun 2023 dengan harga yang dilaporkan 750 juta dolar AS kepada Bacardi.

Dia juga dilaporkan memiliki saham di Uber dan Block. Kekayaan bersihnya diketahui mencapai 2,5 miliar dolar AS atau setara Rp37,97 triliun.

6. Kim Kardashian

Tidak ada yang lebih meraup keuntungan dari ketenarannya sebagai bintang realitas daripada Kim Kardashian, yang telah menjadi miliarder dari merek kecantikan dan pakaiannya.

Lini pakaian dalamnya, Skims, bernilai 4 miliar dolar AS dalam putaran pendanaan tahun 2023. Selain itu, Kim telah menjual 20 persen saham di perusahaan kosmetik KKW Beauty ke Coty pada tahun 2020 seharga 200 juta dolar AS. Kekayaannya ditaksir mencapai 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp25,81 triliun.

7. Peter Jackson

Sutradara di balik waralaba Lord of the Rings dan The Hobbit ini memperoleh sebagian besar kekayaannya dari perusahaan efek visualnya, Weta Digital.

Perusahaan tersebut menjual sebagian asetnya ke pembuat gim Unity Software pada tahun 2021. Kesepakatan itu menghasilkan hampir 1 miliar dolar AS dalam bentuk tunai dan saham bagi warga Selandia Baru tersebut. Kekayaan bersihnya tercatat sebesar 1,5 miliar dolar AS atau setara Rp22,78 triliun.

Topik Menarik