Peristiwa 23 Oktober: Lahirnya Legenda Sepak Bola Pele dan Hari Jadi Pontianak

Peristiwa 23 Oktober: Lahirnya Legenda Sepak Bola Pele dan Hari Jadi Pontianak

Berita Utama | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 06:20
share

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 23 Oktober setiap tahun. Mulai dari berdirinya Kota Pontianak hingga lahirnya salah satu legenda sepakbola dunia, Pele.

Okezone merangkum sejumlah peristiwa 23 Oktober dari berbagai sumber. Simak berikut ini:

2019 - Presiden Jokowi Melantik Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024

Kabinet Indonesia Maju adalah kabinet pemerintahan Indonesia pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Susunan kabinet ini berasal dari kalangan profesional, usulan partai politik pengusung serta tim sukses pasangan Jokowi-Amin pada Pilpres 2019.

Susunan kabinet diumumkan oleh Presiden Jokowi pada 23 Oktober 2019 dan resmi dilantik pada hari yang sama. Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin membacakan susunan kabinetnya di pelataran tangga Istana Merdeka. Dalam kesempatan itu, Jokowi menghadirkan para menterinya yang mengenakan kemeja batik.


1856 - Layanan Telekomunikasi Pertama di Batavia

Sebelum era telefon di Indonesia, pemanfaatan telekomunikasi dilakukan dengan telegraf. Pemanfaatan telegraf dimulai sejak saluran telegraf pertama dibuka pada 23 Oktober 1855 oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Sejak hadirnya telegraf elektromagnetik yang menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor), jasa telegraf dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas di 28 kantor telegraf.

Beberapa tahun setelah penggunaan telegraf, muncullah jaringan telefon lokal di Indonesia dan menyebar secara cepat pada sebagian besar wilayah Indonesia.

 

1940 - Pele Lahir

Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé lahir 23 Oktober 1940. Dia adalah legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil.

Selama kariernya sebagai pemain, Pele berhasil membawa Brasil tiga kali menjuarai Piala Dunia, yaitu pada 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko. Berkat keberhasilannya tersebut, Brasil berhak atas Piala Jules Rimet. Pele mendapatkan julukan O Rei atau ‘Sang Raja’


1771 - Kota Pontianak 

Pada Rabu 23 Oktober 1771, Syarif Abdurrahman Alkadrie (lahir 1742 H) membuka pertama kali Kota Pontianak, bertepatan dengan tanggal 14 Radjab 1185. Syarif Abdurrahman Alkadrie dinobatkan menjadi Sultan Kerajaan Pontianak.

Kota Pontianak merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa. Di utara kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa.

Kota Pontianak juga dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadaikan dalam lambang Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi. 
 

Topik Menarik