Konvoi Diplomat Asing termasuk dari Indonesia Diserang di Pakistan, 1 Polisi Tewas

Konvoi Diplomat Asing termasuk dari Indonesia Diserang di Pakistan, 1 Polisi Tewas

Berita Utama | inews | Senin, 23 September 2024 - 06:05
share

PESHAWAR, iNews.id - Konvoi rombongan diplomat asing, termasuk dari Indonesia, menjadi target serangan di Pakistan, Minggu (22/9/2024). Ranjau darat yang dipasang di pinggir jalan meledak, menewaskan seorang polisi dan melukai empat orang lainnya.

Para diplomat tersebut sedang melakukan perjalanan ke lokasi wisata di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa yang berbatasan dengan Afghanistan saat serangan tetjadi.

Ledakan terjadi di lokasi wisata perbukitan Malam Jabba, salah satu dari dua resor ski Pakistan, sekitar 250 km dari ibu kota provinsi, Peshawar.

Seorang petugas polisi Javed Khan, seperti dikutip dari Associated Presa, Senin (23/9/2024), mengatakan para diplomat dalam konvoi tersebut berasal dari Indonesia, Portugal, Kazakhstan, Bosnia dan Herzegovina, Zimbabwe, Rwanda, Turkmenistan, Vietnam, Iran, Rusia, dan Tajikistan. Tak ada diplomat yang menjadi korban dalam serangan itu. Mereka langsung dibawa kembali ke Kota Islamabad.

Menurut Khan, kunjungan para diplomat itu atas undangan kamar dagang dan industri setempat.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Pakistan menyatakan kendaraan polisi yang terkena ranjau adalah unit pengintai canggih. Seorang petugas yang berada di dalamnya tewas.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dalam insiden terpisah di Provinsi Balochistan, kelompok bersenjata menembaki regu patroli keamanan di distrik Zhob menewaskan tiga petugas. Dua polisi tewas seketika dan seorang lainnya meninggal akibat luka parah pada Minggu.

Topik Menarik