Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Lewati Kota Ini, Menhub Singgung Anggaran

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Lewati Kota Ini, Menhub Singgung Anggaran

Berita Utama | okezone | Senin, 23 September 2024 - 07:05
share

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan perlunya investasi yang tidak murah untuk menggarap proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Dari 3 opsi jalur yang potensial, masing-masing perlu dikaji lebih lanjut dari segi anggaran yang dikeluarkan.

Menhub telah mengkaji perlintasan yang berpotensi menjadi rute Kereta Cepat Jakarta - Surabaya. Rencananya, perlintasan kereta cepat akan dibangun di atas atau di sisi Jalan tol Trans Jawa. Adapun opsi lainnya yakni terintegrasi dengan jalur Kereta Api eksisting.

"Mungkin kita akan menggunakan jalur kereta api atau jalan tol sebagai jalur Jakarta-Surabaya, sehingga tidak terlalu banyak dana untuk pembebasan lahan," ujar Menhub saat ditemui di Hotel Mulia Jakarta, dikutip Senin (23/9/2024).

Menhub menyebut jalur tengah, utara, dan selatan sebagai 3 opsi jalur Kereta Cepat Jakarta - Surabaya. Terkait dengan dana yang dikeluarkan, Menhub menyebut jalur selatan memiliki beban konstruksi yang lebih besar lantaran jalur tersebut mayoritas perbukitan.

"Investasi kereta cepat ini tidak murah, tetapi di China, sebenarnya yang membiayai adalah Pemerintah, saya yakin apabila ada satu goodwil untuk melanjutkan, itu jadi," ujar Menhub.

Topik Menarik