Bangga! Perwira TNI AL Tuntaskan Pendidikan di Naval Postgraduate School AS

Bangga! Perwira TNI AL Tuntaskan Pendidikan di Naval Postgraduate School AS

Berita Utama | inews | Senin, 30 September 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Prajurit TNI Angkatan Laut kembali meraih capaian membanggakan. Perwira TNI AL dari Korps Polisi Militer AL (Pomal) berhasil menyelesaikan pendidikan di The Department of National Security Affairs, Naval Postgraduate School (NPS), Monterey, Amerika Serikat.

Perwira TNI AL tersebut adalah Letkol Laut (PM) Aang Iskandar. Dia berhasil menyelesaikan pendidikan dengan tesis berjudul "Forecasting Terrorism In Indonesia".

Penelitian ini dibimbing oleh dua profesor terkemuka, Prof Mohammed Hafez dan Prof Sean Everton. Letkol Aang pun berhak menyandang gelar Master of Arts in Security Studies (Combating Terrorism).

Aang Iskandar menjadi perwira dari Korps Pomal pertama yang lulus dari institusi bergengsi tersebut.

"Acara yang juga meluluskan 200 personel dari berbagai negara dan personel militer Amerika ini menjadi tonggak penting dalam sejarah pendidikan militer Indonesia," tulis keterangan Dispenal, Minggu (29/9/2024).

Presiden NPS, Vice Admiral (ret) Ann E Rondeau menyatakan, pihaknya siap memperkuat kerja sama internasional dan mendukung pendidikan bagi personel militer dari berbagai negara.

Sementara itu, Dr James H Newman, mantan astronot NASA yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden, Provost dan Kepala Pejabat Akademik NPS, berharap para lulusan terus berinovasi dan berkontribusi bagi keamanan dan stabilitas negara masing-masing.

"Kelulusan ini tidak hanya merupakan pencapaian pribadi yang luar biasa, tetapi juga menjadi simbol kemajuan dalam pengembangan kapasitas Pomal," kata Dispenal.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali juga menegaskan, pihaknya memprioritaskan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) prajurit TNI AL. Pencapaian yang telah diraih Letkol Aang diharapkan dapat memotivasi perwira-perwira Pomal lainnya untuk mengikuti jejaknya.

Topik Menarik