Jokowi Pulang Kampung Hari Ini, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Solo

Jokowi Pulang Kampung Hari Ini, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Solo

Berita Utama | semarang.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 09:00
share

SOLO, iNewsSemarang.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng telah mempersiapkan pengaturan lalu lintas yang komprehensif, menjelang penyambutan kedatangan Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka purna tugas sebagai mantan Presiden ke-7 Republik Indonesia.

Rekayasa lalu lintas ini akan diterapkan pada Minggu, 20 Oktober 2024, di beberapa titik strategis di Kabupaten Boyolali, Karanganyar, dan Kota Solo, Sebanyak 750 personel lalu lintas dikerahkan untuk menjamin kelancaran, kenyamanan dan keamanan jalannya rangkaian acara ini.

Pada Sabtu (19/10/2024), di wilayah Solo Raya Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Sonny Irawan, melakukan survei jalur yang akan dilalui rombongan. Survei ini bertujuan untuk memastikan segala persiapan, termasuk rekayasa lalu lintas, berjalan sesuai dengan rencana, langkah ini dilakukan demi memastikan keamanan,  kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas selama acara berlangsung.

Rekayasa lalu lintas akan dimulai dari simpang empat Bandara Adi Sumarmo di Boyolali, di mana arus kendaraan dari Jalan Nogosari akan di alihkan sementara saat rombongan keluar dari bandara. Selanjutnya, pengalihan arus lalin sementara juga akan diberlakukan di simpang empat Gejikan, termasuk jalur dari arah Asrama Haji Donohudan dan Waduk Cengklik, guna memastikan keamanan perjalanan iring-iringan.

Saat rombongan memasuki wilayah Kabupaten Karanganyar, simpang empat Colomadu akan dialihkan sementara dari arah Lanud Adisumarmo dan arah Kartosuro. Pengalihan arus lalin sementara juga akan diberlakukan di simpang tiga Hotel Alana, dari jalur Soto Sawah hingga Hotel Alana.

Rekayasa arus lalin sementara akan terus diberlakukan di titik-titik penting di Kota Solo, termasuk di Tugu Mahkota, Jalan depan DPRD, serta Jalan Fajar Indah. Simpang empat Brimob, simpang tiga Kerten, dan pertigaan Gondang juga akan di alihkan sementara hingga iring-iringan kendaraan melintas dengan aman.

Dalam keterangannya di Mapolda Jateng pada Minggu (20/10/2024), Kombes Pol Sonny Irawan menegaskan pentingnya rekayasa lalu lintas ini demi kenyamanan, keamanan serta kelancaran semua pihak pengguna jalan raya

 

"Kami telah mempersiapkan pengaturan lalu lintas yang matang agar kegiatan penyambutan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa mengganggu aktivitas masyarakat.

Selain itu juga Polda jateng memanfaatkan seluruh Kamera CCTV yg tergelar di seluruh ruas jalan dan semua titik dapat di pantau atau dimonitor serta dikendalikan melalui Traffic management center (TMC) yang berada di Mapolresta Surakarta.

Pengendalian  ini kami lakukan untuk memastikan perjalanan rombongan berlangsung aman,nyaman, dan lancar," ujar Kombes Pol Sonny Irawan.

Beliau juga menekankan bahwa Polda Jateng telah mengambil berbagai langkah untuk meminimalkan dampak rekayasa lalu lintas terhadap kegiatan masyarakat sehari-hari. 

"Hari ini kami melakukan survei jalur untuk memeriksa kesiapan teknis di lapangan. Kami berkomitmen agar masyarakat tetap merasa aman, nyaman,lancar selama pelaksanaan kegiatan ini," ujarnya.

Kombes Pol Sonny Irawan juga mengimbau masyarakat agar memberikan dukungan serta bekerjasana untuk kelancaran kegiatan tersebut

 "Kami mohon kepada masyarakat Solo Raya  dukungan dan kerja sama  nya  agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib," ujarnya.
 

Topik Menarik