Gaji dan Tunjangan Ahmad Dhani sebagai Anggota DPR RI, Lebih Besar dari Honor Manggung?

Gaji dan Tunjangan Ahmad Dhani sebagai Anggota DPR RI, Lebih Besar dari Honor Manggung?

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 05:30
share

Ahmad Dhani, musisi sekaligus politisi, kini resmi menjabat sebagai anggota DPR RI, dengan gaji dan tunjangan yang cukup mencolok. Dhani berada di komisi yang sama dengan Once Mekel yakni komisi X.

Komisi X DPR RI sendiri memiliki tugas di bidang pendidikan, olahraga, dan sejarah. Gaji dan tunjangan Ahmad Dhani diatur dalam Surat Edaran Sekretariat DPR RI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 tentang Gaji Pokok dan Tunjangan Anggota DPR RI.

Besaran gaji dan tunjangan anggota DPR RI juga diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor S-520/MK.02/2015. Pada dasarnya, gaji para wakil rakyat berbeda, tergantung pada jabatan, seperti Ketua DPR RI, Wakil Ketua DPR RI, dan Anggota DPR RI.

Untuk gaji Ketua DPR RI sendiri mendapatkan gaji pokok sebesar Rp5,04 juta per bulan. Jumlah tersebut tidak termasuk tunjangan seperti tunjangan istri sebesar Rp540 ribu, tunjangan anak Rp201 ribu, tunjangan uang sidang Rp2 juta, tunjangan jabatan Rp18,9 juta.

Gaji dan Tunjangan Ahmad Dhani sebagai Anggota DPR RI, Lebih Besar dari Honor Manggung?

Foto/Instagram @ahmaddhaniofficial

Baca Juga: Aksi Ahmad Dhani Baca Al Fatihah Diiringi Musik Viral, MUI Sebut Itu Pelanggaran Syariat

Tunjangan lainnya yang diperoleh Ketua DPR RI adalah tunjangan beras sebesar Rp30 ribu, tunjangan PPH Pasal 21 Rp2,6 juta, tunjangan kehormatan Rp6,6 juta, tunjangan komunikasi intensif Rp16,4 juta, dan tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran Rp5,2 juta.

Jika ditotal secara keseluruhan, Ketua DPR RI bisa menerima sebesar Rp57 juta. Sementara Wakil Ketua DPR RI mendapatkan gaji pokok sebesar Rp4,6 juta per bulan. Ada pun tunjangan yang diperoleh meliputi tunjangan istri Rp463 ribu, tunjangan anak Rp184 ribu, tunjangan uang sidang Rp2 juta, tunjangan jabatan Rp15,6 juta.

Kemudian tunjangan beras Rp30 ribu, tunjangan PPH Pasal 21 Rp2,6 juta, tunjangan kehormatan Rp6,4 juta, tunjangan komunikasi intensif Rp16 juta, serta tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran Rp4,5 juta. Totalnya mencapai Rp52 juta.

Untuk anggota DPR RI sendiri mendapat gaji pokok sebesar Rp4,2 juta. Selain itu, para wakil rakyat ini juga mendapat berbagai tunjangan seperti tunjangan kehormatan Rp5,5 juta, tunjangan komunikasi intensif Rp15,5 juta, tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran Rp3,7 juta.

Baca Juga: Kocak! Ahmad Dhani Cari Vokalis Baru TRIAD di Selebrasi Spektakuler RCTI 35, Ada Aldi Taher hingga Giring

Kemudian ada juga bantuan listrik dan telepon sebesar Rp7,7 juta hingga asisten anggota Rp2,2 juta. Jika ditotal, jumlah yang akan diterima kurang lebih sebesar Rp34,8 juta. Seluruh tunjangan ini diharapkan bisa mendukung kinerja mereka di lembaga legislatif.

Dengan statusnya sebagai figur publik yang dikenal luas, langkah mantan suami Maia Estianty dalam dunia politik ini menarik perhatian banyak pihak, baik dari penggemar musik maupun masyarakat umum. Ia dan sang istri, Mulan Jameela resmi dilantik menjadi wakil rakyat pada Selasa, 1 Oktober 2024.

"Saya ini anak baru, new kid on the block. Kebetulan sektor yang saya pahami adalah industri musik. Jadi, saya akan berusaha memperbaiki sektor musik dulu sebelum ke yang lain," kata pentolan Dewa 19 itu dikutip dari akun Instagram @fraksipartaigerindra, Sabtu (26/10/2024).

"Kalau saya sudah bisa perbaiki industri musik, mungkin bisa perbaiki yang lain," tandasnya.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ingin Anaknya Nikah Bareng: Kan Sunatnya Mereka Bersamaan

Topik Menarik