Cara Baca Yasin 1x seperti 41x, Ijazah Habib Idrus Alaydrus agar Hajat Terkabul

Cara Baca Yasin 1x seperti 41x, Ijazah Habib Idrus Alaydrus agar Hajat Terkabul

Gaya Hidup | inews | Kamis, 26 September 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Cara baca Yasin 1x seperti 41x bisa muslim amalkan agar hajat segera terkabul. Amalan tersebut merupakan ijazah Habib Alaydrus.

Membaca Yasin secara berulang-ulang dengan menyelipkan doa di beberapa ayat disebut dengan Yasin Fadilah. Bacaan tersebut lazim diamalkan para salafus salih untuk hajat agar dikabulkan.

Salah satunya membaca surat Yasin 1 kali seperti 41 kali yang disampaikan oleh Al-Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus.

Habib Idrus Alaydrus menerima ijazah dari gurunya Al-Habib Muhammad Ali Al-Junaid (Tarim) dan Al-Habib Junaid bin Ali Al-Junaid dari Al-Habib Abdul Qadir Assegaf sampai guru-gurunya sampai kepada Al-Habib Abdullah Al-Haddad.

Sebagian ulama yang mengatakan bahwa di antara khasiat Surat Yasin ini ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.

Keutamaan membaca Surat Yasin untuk hajat agar terkabul dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut.

Artinya: Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR Abu Daud dari al-Habr).

Karena keutamaannya itu, masyarakat Muslim banyak yang mengamalkannya dengan tawasul Surat Yasin agar hajatnya terkabul. Namun, seorang muslim yang bertawasul, wajib meyakini bahwa permohonan hajatnya harus senantiasa ditujukan hanya kepada Allah semata dan juga wajib meyakini bahwa Allah lah yang akan menjawab doanya.

Cara Baca Yasin 1x seperti 41x

1. Membaca tawasul kepada Nabi Muhammad SAW
2. Tawasul kepada para nabi, sahabat, aulia Syekh Abdul Qadir Al Jilani, walisongo, dan orang tua.
3. Sertakan niat dan hajat
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Baca Yasin ayat ke-1 sebanyak 7 (tujuh) kali
6. Setelah membaca Yasin hingga beberapa ayat setelahnya hingga bertemu dengan ayat dzalika taqdirul azizil alim (ayat ke-38), ayat tersebut dibaca sebanyak 14 (empat belas) kali
7. Setelah membaca dzalika taqdirul azizil alim 14 kali kemudian baca salaamun qaulam min rabbir rahim (ayat ke-58) sebanyak 16 (enam belas) kali
8. Setelah membaca salaamun qaulam min rabbir rahim sebanyak 16 kali, baca hingga bertemu dengan ayat awailasal ladzi khalaqas samawati wal ardha bi qadirin ala an yakhluqa mitslahum balaa (ayat ke-81) diulang 3 (tiga kali).
9. Setelah diulang 3 kali anda berdoa, kemudian setelah berdoa diakhiri dengan kalimat wa anta qaadirun sertakan hajat anda seperti yang anda hajatkan pada permulaan sebelumnya, hajat apa pun.
10. Setelah itu diulang lagi ayat awailasal ladzi khalaqas samawati wal ardha bi qadirin ala an yakhluqa mitslahum balaa wa huwal khallaqul alim sampai akhir ayat.

Keutamaan Yasin Fadilah

Membaca Yasin fadilah untuk hajat bisa diamalkan sebanyak 3x, 7x, dan 41x. Amalan itu merupakan salah satu riyadhah atau metode dalam melakukan amalan spiritual untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui wasilah Alquran yakni Surat Yasin.

Ulama tafsir, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dalam salah satu pengajiannya membahas keutamaan Surat Yasin menyebutkan bahwa amalan membaca Surat Yasin sebanyak 41x sudah masyhur atau terkenal.

Menurut Gus Baha, membaca Surat Yasin 41 kali keutamannya sangat besar dan keramat sekali.

Keampuhan fadhilah Yasin sebagiamana dilansir dari pcnukendal, disebutkan dalam kitab Abwbul Faroj yang ditulis oleh Al-Imam As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Mailiki. Pada halaman 158 pada kitab tersebut, beliau berkata :
Surat Yasin itu besar derajatnya, masyhur keutamaan dan pahalanya. Dia adalah intisari Al-Quran, dapat menghilangkan kesusahan dan menghapus kegelisahan. Yasin Fadlilah adalah senjata untuk menghilangkan bencana dan kesusahan, menjadi penyelamat dari fitnah dan cobaan. Pembacaan Yasin Fadlilah telah ditausiyahkan orang-orang arifin, dan selalu dilakukan auliya yang sholihin. Bacalah Yasin Fadlilah ketika ada bencana dan kesusahan, maka akan dihasilkan kesukaan, akan hilang kesempitan dan kesulitan, hati akan menjadi lapang dan semua perkara menjadi mudah".

Para ulama menganggap baik terhadap bacaan doa-doa yang masyhur sesudah ayat-ayat tertentu, dan terhadap pengulangan ayat-ayat tertentu.

Itulah ulasan cara baca Yasin 1x seperti 41x yang bisa diamalkan agar hajat segera terkabul.
Wallahu A'lam

Topik Menarik