Peringatan Sumpah Pemuda, Akmal Malik Dorong Generasi Muda Kembangkan Potensi

Peringatan Sumpah Pemuda, Akmal Malik Dorong Generasi Muda Kembangkan Potensi

Berita Utama | kutai.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 15:20
share

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik mendorong generasi muda Kalimantan Timur untuk mengembangkan kapasitas dan potensi guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

Hal tersebut disampaikan Akmal dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 tahun 2024 di Lapangan Gelora Kadrie Oening, Samarinda, (28/10/2024).

Dalam sambutannya, Akmal menyatakan jika peringatan Sumpah Pemuda tahun ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru. Sumpah pemuda menjadi momentum strategis untuk memperkokoh langkah bangsa menuju Indonesia Emas 2045. 

"Pemuda memiliki peran strategis dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Kita harus mengembangkan kapasitas dan potensi pemuda sebagai subjek maupun objek pembangunan," kata Akmal.

Akmal menegaskan, peristiwa Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah yang menyatukan seluruh pemuda Indonesia di tengah keberagaman. 

"Itu membuktikan pemuda Indonesia memiliki tekad kuat untuk bersatu dalam membangun bangsa yang merdeka dan berdaulat,” ujarnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim.

Akmal yang juga Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu pun menekankan pentingnya nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan pendahulu untuk terus diterapkan, terutama di era perubahan yang serba cepat saat ini. 

"Perubahan yang sangat cepat dapat melemahkan kekuatan bangsa jika kita tidak memelihara kesadaran akan persatuan dan karakter kebangsaan, " lanjutnya.

Akmal menambahkan, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Indonesia tahun 2024 berada pada angka 56,33 persen. Hal ini menunjukkan adanya kemajuan, namun tantangan masih perlu diatasi. 

 

Dia pun menekankan pentingnya peningkatan pelayanan dan pemberdayaan pemuda agar mereka dapat memberikan kontribusi maksimal dalam pembangunan nasional.

Peringatan hari Sumpah Pemuda ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda yang dihasilkan pada Kongres Pemuda 1928 untuk mengukuhkan nilai-nilai kebangsaan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada sejumlah pemuda berprestasi yang telah memberikan kontribusi positif dalam berbagai sektor pembangunan. Serta penyerahan penghargaan ketangkasan baris berbaris piala Gubernur Kaltim 2024.
 

Topik Menarik