BPP Kadupandak Sebut Mina Padi Organik Pilihan Tepat untuk Petani

BPP Kadupandak Sebut Mina Padi Organik Pilihan Tepat untuk Petani

Terkini | cianjur.inews.id | Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:29
share

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kadupandak menyebut Mina Padi organik pilihan tepat bagi petani dalam menerapkan budidaya padi dan ikan dalam satu lahan.

"Mina padi organik adalah pilihan yang sangat baik dan cerdas dikarenakan petani akan mendapatkan panen padi dan panen ikan secara bersamaan," ujar 
Koordinator Penyuluh BPP Kadupandak Asep Mubarok, belum lama ini.

Ia mengatakan, sistem budidaya mina padi merupakan bentuk pertanian terpadu yang menguntungkan. Menanam padi dengan sistem Mina Padi mempunyai beberapa keuntungan diantaranya, mengurangi serangan hama dan penyakit tanaman padi serta lainnya 

"Kegiatan ini merupakan prioritas pemerintah kabupaten Cianjur dalam peningkatan 1.000 ha produktifitas lahan pertanian. Dengan harapan dapat menambah hasil pendapatan petani serta meningkatkan hasil produksi dua kali keuntungan petani," jelasnya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Sumedang Desa Bojongkasih Kecamatan Kadupandak bersama kelompok Tani Sugih Tani. Dengan varietas padi yang di tanami jenis inpari 49 dengan jumlah petani sebanyak 30 orang.

"Ini sebagai inovasi menggabungkan budidaya padi dan perikanan secara bersamaan di satu lahan. Bukan hanya hasil panen yang beragam tapi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas lahan sekaligus menjaga keseimbangan ekosistem," pungkasnya.

Topik Menarik