Buruan Tengok Fenomena Langka nih! 4 Bunga Bangkai Mekar di Tapos Depok

Buruan Tengok Fenomena Langka nih! 4 Bunga Bangkai Mekar di Tapos Depok

Terkini | depok.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:41
share

DEPOK, iNews Depok. id - Warga RT.003, RW. 007, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, dikejutkan dengan fenomena alam yang langka. Sebanyak 4 bunga bangkai (Amorphophallus titanum Becc) ditemukan tumbuh dan mekar bersamaan di kebun milik warga setempat, Tini.

Penemuan ini pertama kali diketahui oleh Tini beberapa hari lalu saat bunga-bunga tersebut mulai mekar. Ukuran bunga-bunga bangkai ini terbilang cukup besar, dengan diameter sekitar 50 sentimeter dan tinggi mencapai 60 sentimeter.

"Sudah tiga hari bunganya mulai mekar. Ada empat bunga yang tumbuh bersamaan," kata Tini, dalam keterangannya kepada iNews Depok, Selasa (22/10/2024).

Salah satu ciri khas bunga bangkai adalah baunya yang menyengat seperti bangkai. Tini membenarkan bahwa bunga-bunga di kebunnya juga mengeluarkan bau yang tidak sedap, namun tidak terus-menerus.

"Bau bangkainya memang menyengat, tapi tidak selalu tercium," jelasnya.

Keunikan bunga bangkai ini menarik perhatian banyak warga sekitar. Mereka berdatangan untuk melihat langsung dan mengabadikan momen langka tersebut. Meski begitu, Tini mengaku belum melaporkan penemuan ini kepada pihak pemerintah setempat.

Seperti diketahui, Bunga bangkai, atau yang memiliki nama latin Amorphophallus titanum, adalah tumbuhan endemik Sumatera yang terkenal dengan ukuran bunganya yang besar dan bau busuknya. 

Bunga ini memiliki peran penting dalam ekosistem karena menarik serangga untuk membantu proses penyerbukan.

Berbeda dengan bunga bangkai, Rafflesia arnoldii yang sering disamakan dengan bunga bangkai adalah tumbuhan parasit yang tidak memiliki daun, batang, maupun akar. Rafflesia hanya menghasilkan bunga yang sangat besar dan berbau busuk.

Baik bunga bangkai maupun Rafflesia arnoldii termasuk dalam kategori tumbuhan langka dan dilindungi. Keberadaan keduanya sangat rentan terhadap perubahan habitat dan aktivitas manusia. Oleh karena itu, upaya konservasi sangat penting untuk menjaga kelestarian tumbuhan-tumbuhan langka ini.

 

Topik Menarik