LMAN Gelontorkan Rp2,85 Triliun untuk Bebaskan Lahan di IKN

LMAN Gelontorkan Rp2,85 Triliun untuk Bebaskan Lahan di IKN

Ekonomi | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 19:08
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengatakan pihaknya sudah mengucurkan Rp2,85 triliun untuk pembebasan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jumlah pendanaan itu terhitung sejak pertengahan 2023 hingga Oktober 2024.

“Kalau kita tahu sejak pertengahan tahun lalu sampai ke saat ini, kita sudah merealisasikan untuk IKN (beberapa proyek pembebasan lahan) saja Rp2,85 triliun,” ujar Basuki saat konferensi pers, di Jakarta Pusat, Senin (7/10/2024).

Untuk tahun ini, kata Basuki, anggaran yang sudah disuntik sebesar Rp1,43 triliun. Dia memastikan pendanaan LMAN semata-mata mendukung pembangunan infrastruktur di Tanah Air. 

“Dari sektor IKN kita tahun ini saja sudah menyambungkan atau merealisasikan Rp1,43 triliun. IKN itu baru, kita lakukan pendanaan lahan tahun lalu, pertengahan tahun lalu,” ucap dia.

Adapun, total pendanaan pembebasan lahan dari LMAN untuk beberapa proyek di IKN menyentuh Rp5,9 triliun. Sehingga masih tersisa dana Rp3 triliun lagi.

Terkait hal ini, Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Rustanto menjelaskan, pihaknya akan fokus menyelesaikan pendanaan tiga proyek IKN sepanjang tahun ini. Ketiganya adalah Tol IKN seksi 3A, 3B, dan 5A. 

“Untuk IKN, dari realisasi ini di 2024 itu setidaknya ada tiga projek akan selesai. Jalan tol dari sesi 3A, 3B, dan 5A akan selesai dan menjadi salah satu rencana realisasikan di awal,” kata Rustanto. 

Setidaknya ada 12 proyek lagi yang ditargetkan selesai tahun ini. Menyusul, tiga proyek yang akan direalisasikan di 2025 mendatang.

Topik Menarik