10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia

10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 06:16
share

Tempat wisata instagramable di Solo bisa menjadi rekomendasi spot rekreasi bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Di tempat ini, Anda dapat berswafoto untuk mengisi feed Instagram, mulai dari keraton hingga obyek wisata bernuansa Eropa.

Solo dikenal bukan hanya sebagai Kota Batik, melainkan juga destinasi wisata yang memiliki pemandangan indah untuk dijadikan latar tempat berswafoto bersama keluarga maupun orang tersayang. Tidak hanya itu, Solo juga menyediakan berbagai tempat wisata yang terjangkau, bahkan ada beberapa yang tidak perlu mengeluarkan biaya masuk alias gratis.

Lantas, apa saja tempat wisata yang instagramable di Solo? simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Instagramable di Surabaya, Nomor 2 Bertema Vintage

Tempat Wisata Instagramable di Solo

1. The Heritage Palace

10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia
Shutterstock

The Heritage Palace merupakan bangunan megah bergaya Eropa. Tempat ini seolah membawa Anda melintasi waktu ke era keemasan. Ciri khas unik tempat ini yaitu adanya pilar-pilar tinggi, kubah-kubah indah, serta taman yang luas, menambah kesan mewah dan elegan.

Setiap sudutnya dirancang dengan detail yang memukau, menciptakan seolah-olah Anda berada di istana kerajaan. Taman mawar yang cantik dan air mancurnya yang megah menambah pesona tempat ini, sehingga layak dijadikan tempat berswafoto.

Lokasi: Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

2. Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan taman hijau di tengah kota. Taman ini memiliki danau buatan yang tenang, jembatan-jembatan kecil yang romantis, dan pepohonan rindang.

Taman Balekambang menawarkan suasana damai yang sempurna untuk foto-foto yang menenangkan. Taman ini juga memiliki paviliun yang merupakan rumah kecil Jawa kuno di tengah taman, menambah sentuhan budaya yang unik. Saat senja, Anda dapat menyaksikan pantulan cahaya matahari di air menciptakan pemandangan magis yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Jl. Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3. Pura Mangkunegaran

10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia
Shutterstock

Pura Mangkunegaran merupakan istana yang memiliki perpaduan sempurna antara kemegahan Jawa dan keanggunan Eropa. Arsitektur uniknya mencerminkan sejarah panjang dan kekayaan budaya Solo.

Bangunan ini memiliki pendopo yang luas, ukiran-ukiran rumit, dan koleksi pusaka yang menakjubkan. Tak hanya itu, Pura Mangkunegaran juga menawarkan latar belakang yang kaya akan cerita dan keindahan serta terdapat spot-spot favorit untuk berfoto.

Lokasi: Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

4. De Tjolomadoe

10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia
Shutterstock

De Tjolomadoe dulu merupakan bekas pabrik gula yang direvitalisasi. Sekarang tempat ini menjadi pusat seni dan kreativitas yang trendi. Bangunan ini telah diubah menjadi galeri, kafe, dan ruang pertunjukan yang modern.

De Tjolomadoe mengusung perpaduan antara struktur baja tua, mesin-mesin vintage, dan instalasi seni kontemporer menciptakan kontras yang menarik. Menjadikan De Tjolomadoe surga bagi pecinta fotografi urban dan industrial.

Lokasi: Jl. Adi Sucipto No. 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

5. Omah Sinten Heritage Hotel & Resto

Bangunan bergaya kolonial ini menawarkan perjalanan nostalgia ke masa lalu. Omah Sinten Heritage Hotel & Resto memiliki interior yang dipenuhi barang antik, lantai ubin kuno, dan furnitur klasik sehingga menciptakan suasana vintage yang autentik.

Selain itu, bangunan ini juga memiliki taman belakang yang rimbun dan sudut-sudut tersembunyi di dalam bangunan, menawarkan berbagai pilihan untuk foto-foto bergaya retro yang menawan.

Lokasi: Jl. Diponegoro No. 34-54, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

6. Kampoeng Batik Laweyan

Kampoeng Batik Laweyan merupakan kawasan galeri batik hidup yang berada di tengah masyarakat. Gang-gang sempit yang diapit rumah-rumah tradisional dan toko-toko batik colorful menciptakan pemandangan yang unik.

Kampung ini memiliki dinding-dinding yang dihiasi mural batik, jemuran kain yang berwarna-warni, dan aktivitas pembatik tradisional yang menawarkan berbagi momen fotogenik yang menangkap esensi budaya Jawa.

Lokasi: Jl. Dr. Rajiman No. 521, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

7. Benteng Vastenburg

10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia
Shutterstock

Benteng peninggalan Belanda ini menyimpan jejak sejarah yang kuat. Benteng Vastenburg terdiri tembok-tembok tebal dan struktur pertahanan yang masih berdiri kokoh. Benteng ini menawarkan latar belakang yang unik dan berkarakter.

Selain itu, Benteng Vastenburg memiliki rerumputan hijau yang kontras dan menciptakan pemandangan yang menarik, terutama saat matahari terbenam.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No. 56, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Instagramable di Sekitar Sentul, Ada Negeri di Atas Awan

8. Taman Sriwedari

10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia
Shutterstock

Taman Sriwedari merupakan taman hiburan tertua di Indonesia yang memiliki atmosfer nostalgik yang khas. Taman ini terdiri dari kombinasi antara wahana-wahana klasik, panggung wayang orang, dan area taman yang rindang sehingga menciptakan beragam latar untuk foto.

Bagi yang ingin merasakan suasana ceria dan penuh warna, taman ini cocok untuk Anda menghasilkan foto-foto yang ceria dan penuh kehidupan.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

9. Wedangan Pendopo

Kedai kopi outdoor ini menawarkan pengalaman nongkrong ala Jawa yang autentik. Dengan berlatar tempat tradisional yang menggunakan tikar dan lesehan, ditemani lampu-lampu gantung yang hangat, Wedangan Pendopo menghasilkan suasana yang intim dan fotogenik.

Wedangan Pendopo menawarkan makanan dan minuman tradisional yang disajikan, juga menjadi objek foto yang menarik, menangkap esensi kuliner Jawa.

Lokasi: Jl. Srigading I Nomor 7 Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

10. Pasar Gede Hardjonagoro

10 Tempat Wisata Instagramable di Solo, Nomor 8 Taman Tertua di Indonesia
Shutterstock

Pasar Gede Hardjonagoro merupakan sebuah pasar tradisional yang menjadi pusat perdagangan. Pasar ini menyimpan karya arsitektur yang menakjubkan.

Pasar Gede Hardjonagoro juga memiliki bangunan bergaya campuran Jawa-Eropa dengan atap joglo nan megah, menjadi latar belakang yang unik. Bagi yang ingin menghasilkan foto bernuansa human interest, Anda dapat berkunjung di pasar ini, karena suasana keramaian pasar serta interaksi antara penjual dan pembeli menciptakan foto-foto yang penuh kehidupan dan budaya.

Lokasi: Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Itulah ulasan mengenai 10 tempat wisata instagramable di Solo. Semoga bermanfaat. MG/Bramcov Stivens Situmeang

Topik Menarik