Kisah Pria yang Membuat Bendera Nigeria Akhirnya Dimakamkan Setelah Setahun Meninggal

Kisah Pria yang Membuat Bendera Nigeria Akhirnya Dimakamkan Setelah Setahun Meninggal

Global | okezone | Rabu, 4 September 2024 - 17:12
share

NIGERIAJenazah Pa Taiwo Michael Akinkunmi, pria yang mendesain bendera Nigeria, akhirnya dimakamkan setelah meninggal satu tahun yang lalu. Sebelumnya pemerintah berjanji akan menggelar pemakaman kenegaraan, namun tidak pernah terealisasi.

Akinkunmi, yang meninggal pada 29 Agustus 2023 saat usianya 87 tahun, mendesain bendera hijau dan putih saat belajar di London pada akhir 1950-an. Dalam desainnya, ia membangkitkan kekayaan pertanian Nigeria dan kedamaian serta persatuan di antara berbagai kelompok etnisnya.

Desain tersebut memenangkan kompetisi nasional dan bendera baru diresmikan pada Hari Kemerdekaan Nigeria pada 1 Oktober. Meskipun kontribusinya signifikan, namun sangat sedikit orang yang mengetahui tentang karyanya. Akinkunmi pun diketahui menjalani kehidupan yang relatif tenang, bekerja untuk Kementerian Pertanian.

Pengakuan datang di kemudian hari, ketika ia diberi penghargaan Officer of the Order of the Federal Republic (OFR) pada tahun 2014, salah satu penghargaan sipil tertinggi di Nigeria.

Setelah kematiannya, sebuah usulan diajukan untuk memberinya pemakaman kenegaraan, tetapi tidak ada rencana yang dibuat, sehingga keluarganya harus membayar biaya agar jenazahnya disimpan di kamar mayat selama lebih dari setahun.

 

Meskipun ada protes publik dan arahan dari Kementerian Seni, Budaya, dan Ekonomi Kreatif untuk Institut Nasional untuk Orientasi Budaya (NICO) untuk memastikan ia menerima pemakaman kenegaraan, namun tidak banyak tindak lanjut yang terjadi.

Keluarga pun meminta agar pemerintah merealisasikan janji tersebut. Akhirnya, pemerintah negara bagian Oyo turun tangan untuk mendukung keluarga agar memberinya pemakaman yang layak pada awal September, tepat setelah peringatan satu tahun kematiannya.

Topik Menarik