Atas Nama Cinta, Putri Mantan Presiden Zuma Rela Menikah dengan Raja Poligami

Atas Nama Cinta, Putri Mantan Presiden Zuma Rela Menikah dengan Raja Poligami

Global | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 14:46
share

AFRIKA SELATAN - Putri mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma yang berusia 21 tahun menikahi raja Eswatini demi cinta. Hal ini diungkapkan juru bicara monarki absolut terakhir yang tersisa di Afrika kepada BBC.

Pertunangan Nomcebo Zuma dengan Raja Mswati III diresmikan awal minggu ini di akhir upacara tari buluh selama delapan hari, sebuah ritual adat bagi para wanita dan gadis muda yang diadakan setiap tahun.

Raja berusia 56 tahun itu saat ini menjalani poligami dengan 11 istri dan telah menikah sebanyak 15 kali. Juru bicara Eswatini Alpheous Nxumalo menepis mentah-mentah anggapan bahwa pernikahan itu akan menjadi aliansi politik.

"Cinta tidak mengenal mata untuk melihat atau menghitung usia. Cinta terjadi antara dua orang. Cinta dapat terjadi antara seseorang yang berusia 100 tahun dan seseorang yang usianya di atas rata-rata yang diizinkan oleh konstitusi," katanya kepada program Newsday BBC.

Zuma, yang menjabat sebagai presiden Afrika Selatan dari tahun 2009 hingga 2018, dan Raja Mswati sudah menjadi saudara melalui pernikahan.

Para kritikus menuduh Raja Mswati, yang memerintah berdasarkan dekrit dan telah bertahta selama 38 tahun, hidup mewah dengan rumah tangganya yang poligami, sedangkan sebagian besar rakyatnya hidup dalam kemiskinan.

Eswatini, yang sebelumnya dikenal sebagai Swaziland, memiliki populasi 1,1 juta jiwa dan salah satu negara dengan tingkat infeksi HIV/AIDS tertinggi di dunia.

Diketahui, ada ikatan tradisional yang kuat antara Eswatini dan monarki Zulu Afrika Selatan yakni Raja Zulu saat ini, Misuzulu ka Zwelithini, adalah keponakan Mswati III.

 

Adapun Zuma, yang mengundurkan diri karena malu atas tuduhan korupsi selama masa jabatannya sebagai presiden dan masih menghadapi kasus pengadilan atas kesepakatan senjata tahun 1999 saat ini sedang menikmati kebangkitan politik.

Partainya yang baru dibentuk uMkhonto weSizwe (MK) berada di urutan ketiga dalam pemilihan umum Afrika Selatan tahun ini.

Pria berusia 82 tahun ini juga sangat dihormati oleh para pendukungnya karena menjunjung tinggi kepercayaan budaya dan adat Zulu dan memiliki beberapa istri dan diperkirakan memiliki 20 anak.

Nomcebo, yang ibunya adalah tunangannya sejak lama, Nonkululeko Mhlongo, mengenakan pakaian berwarna cerah khas kerajaan Eswatini pada hari terakhir upacara tari buluh di Istana Kerajaan Ludzidzini pada Senin (2/9/2024.

Upacara yang dikenal sebagai upacara Umhlanga ini dimaksudkan untuk mencegah mereka yang ikut serta melakukan hubungan seksual di usia muda. Raja diizinkan untuk memilih seorang pengantin dari para peserta dan pada kesempatan ini, Zuma diperkenalkan sebagai "liphovela", yang berarti tunangan kerajaan dalam bahasa Swati.

Ia pernah menghadapi pengawasan ketat di masa lalu terkait usia para pengantinnya. Pada tahun 2005, ia memilih Phindile Nkambule yang berusia 17 tahun sebagai istrinya beberapa hari setelah ia mencabut larangan hubungan seksual bagi anak perempuan di bawah usia 18 tahun.

Topik Menarik