Daftar 7 Pemimpin Tinggi Hizbullah Tewas di Tangan Israel

Daftar 7 Pemimpin Tinggi Hizbullah Tewas di Tangan Israel

Global | okezone | Senin, 30 September 2024 - 06:43
share

BEIRUT - Hassan Nasrallah hanya satu dari daftar petinggi Hizbullah yang tewas di tangan Israel dalam serangan udara. Bahkan dalam sepekan saja, Israel telah menewaskan tujuh komandan dan pejabat tinggi Hizbullah.  

Hizbullah, tewas dalam serangan hari Jumat terhadap markas bawah tanah kelompok tersebut di Beirut. Selain menewaskan Nasrallah, serangan tersebut menghancurkan sekitar enam bangunan tempat tinggal di pinggiran selatan Beirut.

Serangan udara yang dilakukan oleh Angkatan Udara Israel dilakukan dengan sangat cermat. Melibatkan kolaborasi beberapa badan intelijen dan direncanakan selama berbulan-bulan, sehingga mendapatkan dampak besar. 

Hizbullah merupakan kekuatan militer dan politik paling kuat di Lebanon. Kematian para pemimpin organisasi tersebut menjadi pukulan berat organisasi yang berdiri pada awal 1980-an terebut. Apalagi, seperti dikutip AP, serangan itu membuat 7 petinggi Hizbullah tewas. 

7 Petinggi Hamas Tewas dalam Serangan Israel  . 

Hasan Nasrallah

Sejak 1992, Nasrallah telah memimpin kelompok tersebut melalui beberapa perang dengan Israel, dan mengawasi transformasi partai tersebut menjadi pemain yang kuat di Lebanon. Di bawah pimpinan Nasrallah, Hizbullah juga membantu mengembangkan kemampuan kelompok bersenjata yang didukung Iran di Irak dan Yaman.

Ibrahim Akil

Akil adalah seorang komandan tinggi dan memimpin Pasukan Radwan milik Hezbollah. Dia juga merupakan anggota badan militer tertinggi, Dewan Jihad, dan selama bertahun-tahun telah masuk dalam daftar orang yang dicari Amerika Serikat. Dia disebut bagian dari kelompok yang melakukan pengeboman Kedutaan Besar AS di Beirut pada tahun 1983 dan mengatur penyanderaan warga Jerman dan Amerika.

 

Ahmad Wehbe

Komandan Pasukan Radwan dan memainkan peran penting dalam pengembangan kelompok tersebut sejak pembentukannya hampir dua dekade lalu. Dia tewas bersama Akil dalam serangan udara di pinggiran selatan Beirut yang menghantam dan menghancurkan sebuah gedung.

Nabil Kaouk

Kaouk merupakan  wakil kepala Dewan Pusat Hizbullah. Ia bergabung dengan kelompok militan tersebut pada awal berdirinya di tahun 1980-an. Kaouk juga menjabat sebagai komandan militer Hizbullah di Lebanon selatan dari tahun 1995 hingga 2010. 

Ibrahim Kobeissi

Kobeissi memimpin unit rudal Hizbullah. Militer Israel mengatakan Kobeissi merencanakan penculikan dan pembunuhan tiga tentara Israel di perbatasan utara pada tahun 2000, yang jasadnya dikembalikan dalam pertukaran tahanan dengan Hizbullah empat tahun kemudian.

Ali Karaki

Karaki memainkan peran kunci dalam konflik yang sedang berlangsung. AS menggambarkannya sebagai tokoh penting dalam kepemimpinan kelompok militan tersebut. Sedikit yang diketahui tentang Karaki, yang tewas bersama Nasrallah.

Mohammad Surour

Di bawah kepemimpinannya, Hizbullah meluncurkan pesawat nirawak peledak dan pengintai ke dalam wilayah Israel, menembus sistem pertahanannya yang sebagian besar difokuskan pada roket dan rudal kelompok tersebut.

Topik Menarik