Segera Miliki Pemimpin Baru, Hizbullah Akan Hadapi Invasi Darat Israel

Segera Miliki Pemimpin Baru, Hizbullah Akan Hadapi Invasi Darat Israel

Global | sindonews | Senin, 30 September 2024 - 19:19
share

Wakil pemimpin Hizbullah Sheikh Naim Qassem berjanji bahwa kelompok bersenjata Lebanon siap menghadapi serangan darat Israel, meskipun pemimpinnya dan banyak komandan senior telah terbunuh.

"Israel belum menyerang kemampuan militer Hizbullah," kata Sheikh Naim Qassem pada Senin (30/9/2024).

Dia menyampaikan pesan pembangkangan dalam pidato publik. Meskipun mengalami kemunduran selama pemboman Lebanon dalam beberapa hari terakhir, ia bersikeras bahwa kelompok bersenjata yang terkait dengan Iran itu akan terus berjuang.

"Operasi Hizbullah terus berlanjut dengan kecepatan yang sama dan lebih cepat sejak terbunuhnya pemimpin Hassan Nasrallah pada hari Jumat," tegas Qassem.

Ia menambahkan bahwa Hizbullah akan segera mengangkat pemimpin baru melalui "mekanisme internal". Pilihan pemimpin baru sudah jelas, lanjut Qassem, tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

"Kami cukup siap, jika Israel menginginkan serangan darat, pasukan perlawanan siap untuk itu," tegas Qassem.

Hizbullah akan terus melanjutkan tujuan utamanya meskipun Israel bermaksud menciptakan kekacauan dengan agresi dan pembantaian terhadap warga sipil di Lebanon, lanjut Qassem.

“Israel melakukan pembantaian di semua wilayah Lebanon hingga tidak ada rumah yang tersisa tanpa jejak agresi Israel di dalamnya,” katanya. “Israel menyerang warga sipil, ambulans, anak-anak, dan orang tua. Israel tidak melawan pejuang, tetapi malah melakukan pembantaian.”

Qassem juga menggarisbawahi peran AS, yang disebutnya sebagai “mitra Israel, melalui dukungan militer tanpa batas – secara budaya, politik, finansial”.

“Kami akan menang, seperti kami menang dalam konfrontasi kami dengan Israel pada tahun 2006,” kata wakil kepala tersebut saat mengakhiri pesan video.

Zeina Khodr dari Al Jazeera, melaporkan dari Beirut, mengatakan pesan Qassem dimaksudkan untuk meyakinkan penduduk Syiah Lebanon, yang merasa rentan setelah kehilangan Nasrallah, setelah melihatnya sebagai figur ayah.

"Dia mencoba meyakinkan rakyatnya bahwa Hizbullah masih memiliki kemampuan militer untuk berperang, memberi tahu Israel bahwa mereka belum siap untuk menyerah," kata Khodr.

Namun, Khodr juga mencatat bahwa Hizbullah perlu berkumpul kembali setelah gelombang pembunuhan Israel menghancurkan kepemimpinannya.

Kelompok bersenjata itu juga harus menilai apakah dan bagaimana menggunakan persenjataannya – termasuk rudal jarak jauh – melawan kekuatan militer yang telah menimbulkan kerusakan signifikan di Lebanon.

“Pertanyaannya adalah, jika mereka benar-benar menyerang pusat-pusat populasi di Israel, respons seperti apa yang akan diberikan Israel – pengeboman karpet?” kata Khodr.

Baca Juga: Iran Klaim Perang dengan Israel Akan Terjadi pada Waktu yang Tepat

Lebih dari 1.000 orang telah tewas dalam dua minggu terakhir dalam gelombang serangan Israel yang ganas, sebagian besar di Lebanon selatan dan timur.

Eskalasi dramatis terjadi saat Israel mengalihkan fokusnya dari pertempuran melawan Hamas di Gaza ke perbatasan utara, tempat Israel hampir setiap hari terlibat baku tembak dengan Hezbollah sejak dimulainya perang di Gaza pada bulan Oktober.

Tujuan Israel dalam serangannya di Lebanon adalah untuk memungkinkan kembalinya puluhan ribu warga sipil Israel ke rumah mereka di Israel utara.

Namun, operasinya terhadap Hizbullah, termasuk peledakan perangkat komunikasi elektronik yang menewaskan 39 orang dan melukai ribuan orang, dan pembunuhan Nasrallah berikutnya, tampaknya telah meningkatkan keyakinan bahwa Israel dapat menghancurkan musuh lamanya di Lebanon.

Untuk pertama kalinya sejak meningkatkan serangannya di Lebanon, Israel pada hari Senin menyerang daerah pusat ibu kota Beirut, yang menandakan potensi eskalasi lebih lanjut menuju perang habis-habisan.

Desakan Hizbullah bahwa mereka dapat mempertahankan Lebanon didukung oleh pendukungnya Iran, yang tampaknya waspada terhadap risiko perang regional yang lebih luas yang akan ditimbulkan oleh konfrontasi langsung dengan Israel.

Teheran tidak akan mengerahkan pasukan ke Lebanon atau Gaza untuk menghadapi Israel, Kementerian Luar Negerinya mengatakan pada hari Senin, meskipun Israel membombardir keduanya.

"Tidak perlu mengirim pasukan tambahan atau sukarelawan dari Republik Islam Iran," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanaani, seraya menambahkan bahwa Lebanon dan para pejuang di wilayah Palestina "memiliki kemampuan dan kekuatan untuk mempertahankan diri dari agresi".

Namun, dengan tanda-tanda yang menunjukkan kemungkinan serangan darat Israel, perdana menteri sementara Lebanon, Najib Mikati, mengatakan pada hari Senin dalam sebuah konferensi pers bahwa pemerintah tetap berkomitmen untuk gencatan senjata segera.

Dengan mengingat hal itu, katanya, Beirut siap untuk mengerahkan tentara di selatan negara itu untuk melaksanakan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertujuan untuk mencegah perang dengan Israel dengan mengakhiri kehadiran bersenjata Hizbullah di selatan Sungai Litani.

Mikati mengatakan Lebanon siap untuk sepenuhnya melaksanakan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701 dan mengerahkan tentara di selatan sungai, yang terletak sekitar 30 km (20 mil) dari perbatasan selatan Lebanon.

Topik Menarik