Kronologi Gugurnya Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Usai Ditembak Tank Israel

Kronologi Gugurnya Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Usai Ditembak Tank Israel

Global | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 06:48
share

JAKARTA - Israel mengumumkan pemimpin  Hamas Yahya Sinwar tewas dalam serangan pasukannya di Gaza, Palestina, Kamis 17 Oktober 2024, malam.

Yahya Sinwar gugur dalam baku tembak di Rafah, di Gaza Selatan, kata Pasukan Pertahanan Israel dan badan keamanan Shin Bet dilansir dari The Times of Isarel, Jumat (18/10/2024).

Pemimpin Hamas itu tidak menjadi sasaran serangan secara langsung. Pasukan Israel baru menyadari bahwa salah satu dari tiga pasukan Hamas yang tewas tersebut ternyata adalah Yahya Sinwar setelah memeriksa tempat kejadian.

Konfirmasi jenazah Yahya Sinwar berdasarkan hasil tes DNA dan sejumlah pengujian lainnya. Kini jenazah korban sudah dievakuasi dan dibawa ke Israel.

Dalam pernyataan bersama, IDF dan Shin Bet mengatakan aktivitas militer Israel secara bertahap membatasi wilayah operasi Sinwar, yang pada akhirnya menyebabkan pemimpin Hamas itu gugur.

Pernyataan itu mengatakan bahwa selama beberapa minggu terakhir, Divisi 162 dan Divisi Gaza beroperasi di Gaza di daerah-daerah di mana intelijen mengindikasikan para pejabat senior Hamas bersembunyi. 

 

Yahya Sinwar gugur setelah Tank IDF dan pasukan lainnya melepaskan tembakan ke ke bangunan tempatnya berlindung. 

Karena Yahya Sinwar mengenakan penutup kepala saat baku tembak. Pihak militer mencatat tidak ada sandera di kawasan tempat Yahya Sinwar dan dua pasukan Hamas gugur di lokasi.

“Pasukan IDF dan Shin Bet yang beroperasi di wilayah tersebut terus beroperasi dengan kewaspadaan yang diperlukan,” kata militer.
 

Topik Menarik