Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Ditembak Peluru Tank

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Ditembak Peluru Tank

Global | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 06:18
share

GAZA - Israel mengumumkan Pemimpin Tertinggi Hamas Yahywa Sinwar tewas dalam sebuah baku tembak. Kepastian itu didapatkan  berdasarkan DNA dan pengujian lainnya. 

Sebagian jari Sinwar diambil untuk pengujian cepat karena lokasi itu dipasangi jebakan. Jenazahnya dikeluarkan dan dibawa ke Israel pada hari Kamis sore. Dalam pernyataan bersama, tentara keamanan IDF dan Shin Bet mengatakan aktivitas militer Israel secara bertahap membatasi wilayah operasi Sinwar, yang akhirnya menyebabkan kematiannya.
   
Dikutip dari Time of Israel Pasukan Israel awalnya tidak tahu jika Sinwar telah tewas. Ini karena pengganti dari  tidak menjadi sasaran langsung, dan pasukan baru menyadari bahwa salah satu dari tiga teroris yang tewas dalam insiden itu tampaknya adalah Sinwar ketika mereka memeriksa tempat kejadian pada Kamis pagi.

Sinwar, arsitek invasi Hamas dan pembantaian pada 7 Oktober di Israel selatan, tewas dalam baku tembak di Rafah, Gaza selatan, pada hari Rabu, kata Pasukan Pertahanan Israel dan badan keamanan Shin Bet.

Dia tidak menjadi sasaran langsung, dan pasukan baru menyadari bahwa salah satu dari tiga teroris yang tewas dalam insiden itu tampaknya adalah Sinwar ketika mereka memeriksa tempat kejadian pada Kamis pagi. Baku tembak terjadi saat Divisi ke-162 dan Divisi Gaza beroperasi di Gaza di daerah-daerah yang menurut intelijen menjadi tempat persembunyian para pejabat senior Hamas. 

Dalam baku tembak, tiga anggota Hamas itu terlihat, ditembaki, dan terluka. Dua orang menuju ke satu gedung dan yang ketiga,  ternyata adalah Sinwar, masuk ke gedung lain, kata militer. Dua anggota lainnya tampaknya adalah pengawal Sinwar dan telah bergerak di depannya, membuka jalan baginya.

 

Sinwar kemudian naik ke lantai dua. Sebuah tank menembakkan peluru lagi ke gedung itu, dan satu peleton infanteri bergerak maju untuk mencari. Sinwar melemparkan dua granat, yang salah satunya meledak. Para prajurit mundur, dan sebuah pesawat nirawak terbang masuk untuk mencari di ruangan itu. 

Pesawat itu menemukan seorang pria dengan lengan terluka dan wajahnya tertutup — Sinwar — yang melemparkan tongkat kayu ke pesawat nirawak itu. Sebuah peluru tank lain ditembakkan ke pria itu, menewaskannya.

Juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari mengonfirmasi dalam konferensi pers Kamis malam bahwa militer "mengidentifikasi dia sebagai teroris di sebuah gedung" dan tidak tahu bahwa itu adalah Sinwar. "Kami menembaki gedung itu dan masuk untuk mencari. Kami menemukannya dengan jaket antipeluru dan senjata api serta uang tunai NIS 40.000."

Topik Menarik