Dari Paris hingga Teheran, Operasi Pembunuhan Israel terhadap 16 Pemimpin Hamas

Dari Paris hingga Teheran, Operasi Pembunuhan Israel terhadap 16 Pemimpin Hamas

Global | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 17:45
share

Hamas telah mengonfirmasi bahwa Israel telah membunuh pemimpin politik dan militernya Yahya Sinwar di Gaza.

Rumor bahwa pasukan Israel telah membunuh Sinwar di lingkungan Tal as-Sultan Rafah di Gaza mulai beredar pada Kamis lalu. Militer Israel mengatakan pada Kamis bahwa jasadnya telah diidentifikasi setelah dia dibunuh sehari sebelumnya.

Pembunuhan itu terjadi di tengah perang Israel yang menghancurkan di Gaza, di mana lebih dari 41.000 warga Palestina telah terbunuh sejak 7 Oktober, ketika pejuang Hamas memasuki Israel selatan dalam sebuah serangan yang menewaskan 1.139 orang, dan 250 orang ditawan. Iran mengatakan sedang menyelidiki pembunuhan Sinwar.

Pembunuhan Sinwar di Gaza mengikuti pola panjang pembunuhan para pemimpin Palestina, dari Roma hingga Paris, Beirut hingga Athena, dan Gaza hingga Tunis. Israel jarang mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut – meskipun biasanya juga tidak menyangkal perannya. Dan para analis yakin bahwa pembunuhan ini merupakan ciri khas Israel, yang telah berlangsung selama lebih dari setengah abad.

Setelah 7 Oktober, pejabat Israel mengatakan secara terbuka bahwa para pemimpin senior Hamas ada dalam daftar pembunuhannya. Dalam rekaman yang dipublikasikan pada 4 Desember 2023, kepala badan intelijen Shin Bet Israel, Ronen Bar, mengatakan negara itu akan membunuh para pemimpin Hamas "di setiap lokasi, di Gaza, di Tepi Barat, di Lebanon, di Turki, di Qatar, semua orang".

Dari Paris hingga Teheran, Operasi Pembunuhan Israel terhadap 16 Pemimpin Hamas

1. Ismail Haniyeh (Juli 2024, Teheran, Iran)

Melansir Al Jazeera, pimpinan politik Hamas Ismail Haniyeh dibunuh di Teheran, Iran pada dini hari Rabu, setelah gedung tempat ia menginap diserang oleh kelompok Palestina yang dituduhkan kepada Israel.

Kelompok tersebut mengatakan bahwa Haniyeh tewas "dalam serangan udara Zionis" di kediamannya di Teheran setelah ia berpartisipasi dalam pelantikan presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian. Kematiannya terjadi sehari setelah Israel menargetkan komandan Hizbullah Fuad Shukr di Beirut.

2. Saleh al-Arouri (Januari 2024, Beirut, Lebanon)

Melansir Al Jazeera, Al-Arouri, 57 tahun, adalah wakil kepala biro politik Hamas dan salah satu pendiri sayap bersenjata kelompok tersebut, Brigade Qassam. Ia dibunuh dalam serangan pesawat nirawak di pinggiran kota Beirut.

Ia telah tinggal di pengasingan di Lebanon setelah menghabiskan 15 tahun di penjara Israel. Sebelum perang dimulai pada 7 Oktober, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengancam akan membunuhnya.

Israel tidak bertanggung jawab atas kematiannya. Namun, Danny Danon, mantan utusan Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, memuji serangan itu dan memberi selamat kepada tentara Israel, Shin Bet, dan Mossad, badan intelijen Israel, karena telah membunuh al-Arouri.

3. Mahmoud al-Mabhouh (Januari 2010, Dubai, UEA)

Melansir Al Jazeera, Al-Mabhouh adalah seorang komandan militer di Brigade Qassam, yang bertanggung jawab atas logistik dan pengadaan senjata.

Ia mendirikan Unit 101, yang didedikasikan untuk menculik para pejuang Israel. Al-Mabhouh dibunuh di Hotel Al Bustan Rotana bintang lima di Dubai, serangan itu secara luas diyakini telah dilakukan oleh Mossad. Menurut polisi, al-Mabhouh dibius, disetrum, dan kemudian dicekik dengan bantal.

4. Mahmoud al-Majzoub (Mei 2006, Sidon, Lebanon)

Al-Majzoub adalah pemimpin senior kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ) dan sekutu dekat kelompok Hizbullah Lebanon.

Ia dibunuh di kota Sidon, Lebanon, ketika sebuah bom mobil yang dipasang di pintu mobilnya meledak saat ia membukanya.

Israel membantah bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi baik PIJ maupun Hizbullah menyalahkan Israel atas pembunuhan itu.

5. Adnan al-Ghul (Oktober 2004, Kota Gaza, Jalur Gaza)

Al-Ghul adalah anggota berpangkat tinggi Brigade Qassam, yang dikenal sebagai "Bapak Qassam" atas karyanya dalam membangun sistem pengiriman roket Hamas yang ekstensif.

Diidentifikasi oleh militer Israel sebagai pembuat bom papan atas, ia dibunuh dalam pembunuhan yang ditargetkan, sebuah helikopter Angkatan Udara Israel AH-64 menembakkan rudal ke mobilnya di Gaza.

6. Abdel Aziz al-Rantisi (April 2004, Kota Gaza, Jalur Gaza)

Al-Rantisi adalah salah satu dari tujuh pendiri gerakan Hamas, termasuk Sheikh Ahmed Yassin, pada hari-hari awal berdirinya gerakan Intifada pertama.

Ia telah ditunjuk sebagai pemimpin baru Hamas setelah pembunuhan Yassin pada Maret 2004.

Ia terbunuh oleh serangan rudal helikopter Israel di Kota Gaza, kurang dari sebulan setelah pembunuhan Yassin. Angkatan Udara Israel telah menembakkan rudal Hellfire dari helikopter Apache AH-64 ke mobilnya.

7. Syekh Ahmed Yassin (Maret 2004, Kota Gaza, Jalur Gaza)

Syekh Yassin dianggap sebagai pemimpin spiritual Hamas. Yassin, seorang lumpuh yang hampir buta, telah bergantung pada kursi roda karena kecelakaan olahraga ketika ia berusia 16 tahun.

Ia terbunuh dalam serangan rudal helikopter Israel saat ia didorong keluar dari salat subuh di luar masjid Kota Gaza.

Sumber keamanan Israel mengatakan pada saat itu bahwa Perdana Menteri Ariel Sharon secara pribadi telah memerintahkan dan memantau serangan helikopter terhadap ulama yang lumpuh itu.

8. Salah Shehadeh (Juli 2002, Kota Gaza, Jalur Gaza)

Melansir Al Jazeera, Shehadeh merupakan salah satu pendiri Brigade Qassam Hamas dan menghabiskan satu dekade di penjara Israel.

Ia terbunuh setelah Angkatan Udara Israel mengebom rumahnya di Kota Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, militer Israel mengonfirmasi bahwa Shehadeh adalah target serangan tersebut, dengan mengatakan bahwa ia berada di balik "ratusan serangan teror dalam dua tahun terakhir terhadap tentara dan warga sipil Israel".

9. Yahya Ayyash (Januari 1996, Beit Lahiya, Jalur Gaza)

Ayyash, yang dijuluki "Insinyur", dikenal karena pekerjaannya sebagai pembuat bom dan komandan batalion Tepi Barat Brigade Qassam.

Ia dianggap bertanggung jawab atas pengenalan bom bunuh diri sebagai strategi melawan Israel.

Ayyash dibunuh di Beit Lahiya, Gaza, oleh agen Shin Bet yang menaruh alat peledak di teleponnya, meledakkannya dari jarak jauh setelah ia menerima telepon dari ayahnya.

10. Abu Jihad (April 1988, Tunis, Tunisia)

Melansir Al Jazeera, Khalil al-Wazir, yang dikenal sebagai Abu Jihad, adalah tokoh kunci dalam Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) – ia telah membantu mendirikan Fatah pada akhir tahun 1950-an. Selama bertahun-tahun, ia adalah wakil efektif Ketua PLO Yasser Arafat.

Dia ditembak mati oleh agen Israel dalam serangan komando yang berani pada tahun 1988.

Israel menyangkal bertanggung jawab selama hampir 25 tahun hingga tahun 2012, ketika sebuah surat kabar Israel menerbitkan wawancara dengan tentara Israel Nahum Lev, yang membunuh Abu Jihad, yang akhirnya mengungkap kebenaran.

11. Khalid Nazzal (Juni 1986, Athena, Yunani)

Nazzal adalah sekretaris komite pusat Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina (DFLP) dan pemimpin PLO.

Israel menganggapnya bertanggung jawab atas serangan Ma'alot tahun 1974 di mana pejuang Palestina menewaskan 22 anak sekolah dan empat orang dewasa.

Dia dibunuh oleh agen Mossad di Athena.

12. Ali Hassan Salameh (Januari 1979, Beirut, Lebanon)

Salameh mendirikan kelompok bersenjata September Hitam yang menyerang tim Israel di Olimpiade Munich 1972, menewaskan 11 atlet Israel dan satu polisi Jerman. Lima penyerang juga tewas.

Mata-mata Mossad telah mendaftar di pusat kebugaran Salameh untuk berteman dengannya beberapa minggu sebelum pembunuhannya. Seorang agen Inggris-Israel menyewa sebuah apartemen dekat rumah Salameh untuk memantau pergerakannya.

Ia diledakkan di dalam mobilnya saat melewati sebuah Volkswagen yang diparkir dengan jebakan di Beirut.

13. Mohamed Boudia (Juni 1973, Paris, Prancis)

Boudia, seorang penyair dan penulis drama Aljazair, adalah anggota senior Front Populer untuk Pembebasan Palestina, yang juga berjuang untuk pembebasan Aljazair.

Ia dibunuh oleh sebuah bom mobil yang diletakkan di bawah jok mobilnya oleh agen Mossad setelah serangan oleh kelompok bersenjata September Hitam di Olimpiade Munich 1972.

14. Abdel Wael Zwaiter (Oktober 1972, Roma, Italia)

Zwaiter, seorang penerjemah Palestina, adalah seorang perwakilan PLO di Roma.

Israel menuduhnya sebagai komandan kelompok bersenjata Black September yang menyerang tim Israel di Olimpiade Munich 1972.

Para pendukungnya mengatakan bahwa ia adalah seorang intelektual yang tidak memiliki hubungan konklusif dengan kelompok tersebut.

Zwaiter ditembak mati oleh agen di lobi gedung apartemennya.

15. Ghassan Kanafani (Juli 1972, Beirut, Lebanon)

Kanafani, seorang penulis dan penyair Palestina terkemuka, adalah juru bicara Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP).

Ia dibunuh di Beirut bersama keponakannya yang berusia 17 tahun. Sebuah granat telah dihubungkan ke sakelar pengapian mobilnya. Dengan menyalakan mobil, ia menyalakan bom plastik yang telah ditanam di belakang bemper.

Israel mengatakan pembunuhannya adalah sebagai tanggapan atas penembakan massal Bandara Lod 1972 (sekarang Bandara Internasional Ben Gurion) yang menewaskan 26 orang dan melukai puluhan lainnya.

Namun, beberapa analis yakin pembunuhan itu sudah direncanakan jauh sebelum itu.

16.Imad Akel (November 1993, Shujayea, Jalur Gaza)

Akel adalah komandan Brigade Qassam, tempat ia bertugas sebagai mentor bagi komandan saat ini Mohammed Deif.

Ia dijuluki "Si Hantu" karena ia menggunakan penyamaran untuk melancarkan penyergapan terhadap pasukan Israel.

Pada November 1993, Akel bersembunyi di rumahnya di Shujayea, yang saat itu sedang dikepung. Setelah beberapa jam, ia mencoba melarikan diri dan ditembak oleh pasukan khusus Israel.

Topik Menarik