Apa itu Gerrymandering yang Selalu Jadi Kontroversi pada Pemilu AS?

Apa itu Gerrymandering yang Selalu Jadi Kontroversi pada Pemilu AS?

Global | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 16:50
share

Gerrymandering disebut manipulasi suara, perebutan kekuasaan, dan sekadar tindakan licik. Namun, itu legal, dan baik Partai Republik maupun Demokrat melakukannya.

Manipulasi daerah pemilihan, proses menggambar ulang distrik pemungutan suara untuk menguntungkan partai politik, sudah ada sejak lama di Amerika Serikat, tetapi masih menjadi bagian penting dari proses politik modern.

Dalam pemilihan umum tahun ini, manipulasi daerah pemilihan dapat memengaruhi hasil pemilihan penting untuk DPR AS serta badan legislatif negara bagian.

Apa itu Gerrymandering yang Selalu Jadi Kontroversi pada Pemilu AS?

1. Manipulasi Jadi Hal yang Lazim

Umumnya, setiap dekade, negara bagian memperbarui distrik pemungutan suara mereka untuk mencerminkan perubahan populasi.

Melansir Al Jazeera, di sinilah manipulasi daerah pemilihan merayap ke dalam proses tersebut. Partai politik mencoba menggambar ulang peta elektoral untuk memberi pihak mereka jumlah kursi terbanyak di badan legislatif negara bagian dan Kongres.

Batas distrik dimanipulasi untuk menyatukan atau memisahkan pemilih yang sepemikiran, baik untuk memperkuat atau melemahkan kekuatan suara mereka.

Hasilnya sering kali berupa distrik yang berbelit-belit dengan batas yang berliku-liku yang dibuat untuk menyertakan beberapa pemilih dan mengesampingkan yang lain.

2. Politikus Bisa Memilih Pemilih Mereka

Pada dasarnya, gerrymandering memungkinkan politisi untuk memilih pemilih mereka, bukan sebaliknya.

Kata tersebut diciptakan pada tahun 1812 ketika gubernur Massachusetts, Elbridge Gerry, menggambar ulang peta elektoral untuk Senat negara bagian demi keuntungan partainya.

3. Menginspirasi Munculnya Tokoh Kartun Gerry-mander

Hasilnya adalah distrik berbentuk aneh yang tampak seperti salamander.

Hal ini mengilhami kartunis Elkanah Tisdale untuk menggambar makhluk mitos untuk Boston Gazette, dan menyebutnya "Gerry-mander". Nama itu melekat.

Baca Juga: Venezuela Sebut Netanyahu Adalah Monster yang Diciptakan oleh Eropa dan AS

4. Mendorong Polikus untuk Melemahkan Minoritas Ras

Gerrymandering kontroversial — dan bukan hanya karena hal itu merupakan upaya terang-terangan untuk mendapatkan suara. Kritikus mengklaim hal itu dapat melemahkan kekuatan suara kaum minoritas ras dan merusak demokrasi.

Sebuah studi tahun 2023 oleh para peneliti Universitas Harvard menemukan bahwa gerrymandering sering kali menciptakan kursi "aman" bagi politisi, yang berarti persaingan dalam pemilihan mereka menjadi kurang kompetitif. Akibatnya, politisi tersebut menjadi kurang responsif terhadap kebutuhan konstituen mereka, yang akibatnya menjadi tidak bersemangat untuk memilih.

Setidaknya delapan negara bagian memiliki bahasa yang jelas dalam konstitusi mereka yang menentang penggambaran ulang distrik pemungutan suara secara partisan. Negara bagian lain menggunakan komisi independen untuk membuat perubahan. Namun, sebagian besar negara bagian tidak memiliki perlindungan.

Upaya nasional di Kongres terakhir juga gagal untuk melarang gerrymandering partisan.

Pada tahun 2019, Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa pengadilan negara bagian harus menangani pertikaian hukum atas peta pemungutan suara.

5. Hasil Pemilu 2024 Jadi Pertaruhan

Jadi sekarang, ini adalah pertikaian antarnegara bagian atas peran politik partisan di distrik pemungutan suara — dengan beberapa putusan terbaru berpotensi memengaruhi hasil pemilu 2024.

Misalnya, di Carolina Selatan, peta pemungutan suara baru telah mengubah distrik yang tidak jelas menjadi distrik Republik yang lebih aman, yang menyebabkan kemarahan di antara para pendukung hak suara.

Sementara itu, di Louisiana dan Alabama, peta yang baru dibuat dapat berarti setidaknya satu kursi DPR tambahan di setiap negara bagian untuk Demokrat.

Dan di Carolina Utara, mahkamah agung negara bagian memutuskan mendukung peta kongres yang dimanipulasi, yang mungkin memberi Republik tiga kursi DPR tambahan.

Masing-masing pemilihan tersebut penting: Kontrol atas DPR AS diputuskan oleh suara tingkat distrik, dengan nasib undang-undang nasional yang tergantung pada ketidakpastian.

Topik Menarik