Lucky Hakim Akan Bangun Kawasan Minapolitan untuk Nelayan Bila Terpilih Jadi Bupati Indramayu

Lucky Hakim Akan Bangun Kawasan Minapolitan untuk Nelayan Bila Terpilih Jadi Bupati Indramayu

Terkini | indramayu.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 20:10
share

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Calon Bupati (Cabup) Indramayu Lucky Hakim berjanji akan membangun kawasan Minapolitan untuk para nelayan di Indramayu bila dirinya terpilih menjadi bupati.

Hal tersebut dikatakan Lucky Hakim saat melakukan silaturahmi bersama tokoh masyarakat beserta kelompok nelayan di Blok Karangmulya, Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu, Senin (14/10/2024).

Menurut Lucky Hakim, kehidupan para nelayan di Kabupaten Indramayu bisa dibilang jauh dari kata kesejahteraan. Bahkan, menurut mereka (nelayan) untuk bertahan hidup saja harus tutup lobang gali lobang.

"Rata-rata pendapatan para nelayan di sini kurang lebih Rp3 juta sebulan. Angka tersebut bisa dibilang sangat kecil bagi mereka, mengingat harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi," kata Lucky Hakim.

Permasalahan yang dihadapi nelayan, kata Lucky, terutama terkait fluktuasi harga ikan yang kerap kali anjlok ketika hasil tangkapan berlimpah.

 

 "Perlunya ada terobosan yang bisa membantu kesejahteraan para nelayan. Dan kita akan mengembangkan konsep Minapolitan di Indramayu, sebuah pendekatan terpadu untuk meningkatkan industri perikanan," ucap Lucky Hakim.

Konsep Minapolitan tidak hanya berfokus pada penangkapan ikan, tapi akan menciptakan pula nilai tambah melalui pengolahan produk perikanan dan yang lainnya, termasuk tumbuhnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) baru di kawasan tersebut.

Selain akan mengembangkan konsep Minapolitan, akan dibangun juga fasilitas penyimpanan ikan terbesar yaitu Cool Stronge.

“Kalau ada cool storage ikan bisa disimpan sehingga tidak tergantung pada banyaknya hasil tangkapan, yang sering kali menekan harga,” jelas Lucky Hakim. (*)

Topik Menarik