Breaking News: Israel Lancarkan Serangan Darat ke Lebanon

Breaking News: Israel Lancarkan Serangan Darat ke Lebanon

Berita Utama | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 07:20
share

MOSKOW, iNews.id - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memulai serangan darat terbatas ke wilayah Lebanon, Senin (30/9/2022) malam waktu setempat. Tujuannya menghancurkan target-target Hizbullah di perbatasan.

"Sesuai dengan keputusan pejabat politik, beberapa jam lalu, IDF memulai serangan darat terbatas, terlokalisasi, dan terarah," bunyi pernyataan IDF, seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (1/10/2024).

IDF mengklaim serangan itu dilancarkan berdasarkan informasi intelijen yang akirat terhadap target-target Hizbullah di Lebanon selatan. 

"Target-target ini terletak di desa-desa yang dekat dengan perbatasan dan menimbulkan ancaman langsung bagi masyarakat di Israel utara," demikian isi pernyataan.

Sementara itu militer Zionis melancarkan serangan artileri dan udara untuk membantu pasukan darat yang masuk ke wilayah Lebanon. 

Sebelumnya pasukan Zionis juga melancarkan serangan udara terhadap tiga lingkungan di Beirut selatan. Serangan itu dilakukan hanya beberapa menit setelah mereka mengeluarkan perintah evakuasi mendesak kepada warga di ibu kota Lebanon tersebut.

Juru bicara militer Israel Avichay Adraee mengunggah pesan, "Peringatan mendesak kepada warga pinggiran selatan Beirut" di media sosial X, seraya membagikan peta gedung-gedung yang bakal menjadi target serangan. Perintah evakuasi tersebut dikeluarkan untuk warga di lingkungan Laylaki, Haret Hreik, dan Burj Al Barajneh.

"Demi keselamatan Anda dan keluarga, Anda harus segera mengosongkan gedung-gedung dan pindah setidaknya 500 meter jauhnya," demikian isi pesan Adraee.

Kantor berita pemerintah Lebanon, NNA, melaporkan delapan serangan udara menghantam pinggiran selatan Beirut, menghancurkan beberapa bangunan, termasuk kompleks perumahan.

Topik Menarik