Kemenpora Bakal Beri Beasiswa Bidang Olahraga ke Atlet untuk Kembangkan Sport Science

Kemenpora Bakal Beri Beasiswa Bidang Olahraga ke Atlet untuk Kembangkan Sport Science

Olahraga | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 21:34
share

JAKARTA, iNews.id- Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan. Beasiswa ini diharapkan membantu meningkatkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) khusus bidang olahraga. 

Program beasiswa ini hadir untuk para atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang

Keolahragaan di Pasal 69 ayat 1. Menpora Dito Ariotedjo mengatakan program ini sangat penting untuk mengembangkan sport science, penguatan ekosistem olahraga, dan industri keolahragaan di Indonesia. 

“Ini adalah langkah kecil dari kami, tetapi dengan semangat besar untuk masa depan yang lebih baik bagi atlet Indonesia. Kita maju bersama, mendukung prestasi dan pendidikan mereka demi masa depan olahraga Indonesia,” kata Menpora Dito dalam keterangan, Selasa (1/10/2024).

Program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan diberikan untuk semua insan olahraga baik sport atau esport agar bisa menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor dengan tujuan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Dito menjelaskan program beasiswa ini sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang fokus pada peningkatan pelatihan atlet, pengembangan industri olahraga, dan perbaikan tata kelola. Dia berharap program ini dapat imemperkuat ekosistem olahraga Indonesia untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

"Ekosistem olahraga di Indonesia sedang mengalami transformasi besar, didorong oleh komitmen pemerintah terhadap pembangunan jangka panjang," ujarnya.

Tujuan program ini adalah meningkatkan pengetahuan dan memperkuat kemampuan serta keahlian tenaga profesional di bidang olahraga, mendukung pengembangan ekosistem olahraga di Indonesia, serta apresiasi terhadap prestasi dan dedikasi insan olahraga. Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan akan dibuka untuk insan olahraga Indonesia mulai tahun 2025.

Topik Menarik