Mengenal Keindahan Batik Minang Khas Sumatera Barat, Penuh Filosofi Hidup

Mengenal Keindahan Batik Minang Khas Sumatera Barat, Penuh Filosofi Hidup

Gaya Hidup | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 13:10
share

JAKARTA, iNews.id - Setiap tahun di tanggal 2 Oktober, Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Ada begitu banyak jenis batik, bahkan semua pulau di Indonesia punya batik khasnya.

Jika selama ini Anda hanya tahu batik dari pulau Jawa, mari berkenalan dengan batik Minang, Sumatera Barat. Seperti apa keindahannya?

Keindahan batik Minang Sumatera Barat dipamerkan di program Morning Update iNews TV. (Foto: iNews TV)
Keindahan batik Minang Sumatera Barat dipamerkan di program Morning Update iNews TV. (Foto: iNews TV)

Yofi Adha Rianto, seorang Pengusaha Batik Tanah Liat khas Minangkabau menjelaskan kalau batik Minang dengan batik lain yang ada di Indonesia itu berbeda dalam segi motif maupun warna.

Pada batik Minang, Yofi menjelaskan, umumnya menggunakan pewarna alam, sehingga warna yang tercipta sangat khas. Sumber pewarna yang dipakai berasal dari alam.

"Pewarna alaminya pakai kulit mahoni, manggis, tanah liat, kulit jengkol, hingga rambutan," kata Yofi dalam tayangan Morning Update iNews TV, Rabu (2/10/2024).

Soal motif, kata Yofi, itu biasanya mengacu pada flora dan fauna yang banyak ditemukan di wilayah batik itu berada. Nah, kalau batik Minang, umumnya ada motif pohon kelapa atau juga kereta kerbau.

Lalu, ada juga motif tanaman pakis hingga burung Hong. Kesemuanya itu punya nilai filosofi yang begitu bermakna.

Misalnya saja dua pohon kelapa, menurut Yofi, itu dimaknai sebagai dua pribadi yang tumbuh beriringan sampai akhir hayat. Lalu, kereta kerbau adalah doa keberkahan, yang mana setelah bekerja keras, pulang membawa hasil.

"Kalau di batik produksi kami, akan selalu ada motif tanaman pakis, yang mana itu dimaknai sebagai medium introspeksi diri. Tanaman itu tumbuh dari luar ke dalam, artinya manusia harus banyak-banyak introspeksi diri," kata Yofi.

"Kalau burung Hong itu menandakan keindahan dan kecantikan," tambahnya.

Jadi itu dia informasi terkait batik Minang yang begitu indah dan sarat akan nilai-nilai kehidupan di balik motifnya yang indah. Selamat Hari Batik Nasional.

Topik Menarik