Debat Pilgub Jakarta Tampilkan Cagub-Cawagub di Panggung, KPU: Ada Waktu Berbicara Masing-Masing

Debat Pilgub Jakarta Tampilkan Cagub-Cawagub di Panggung, KPU: Ada Waktu Berbicara Masing-Masing

Berita Utama | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 04:10
share

JAKARTA, iNews.id - Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta bakal melaksanakan sebanyak tiga kali debat untuk memaparkan visi-misinya. Adapun ketiga debat itu akan langsung dihadiri oleh masing-masing pasangan calon.

"Debat ini akan langsung dihadiri oleh Cagub dan Cawagub. Keduanya akan hadir," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidik Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPUD DKI Jakarta, Astri Megatari, Kamis (3/10/2024).

Untuk debat pertama, dari 150 menit penyelenggaraan debat akan terdapat enam segmen, di antaranya pemaparan visi-misi, segmen kedua dan ketiga paslon akan menjawab pertanyaan dari panelis.

Segmen keempat akan ada pertanyaan antarpaslon hingga segmen terakhir pernyataan tertutup. Astri menyebut masing-masing cagub atau cawagub akan mempunyai waktunya sendiri, hanya saja ia tak menjelaskan secara rinci.

"Segmentasinya ada porsi khusus Cagub kemudian proses khusus Cawagub. Nanti juga ada segmentasi di mana baik Cagub dan Cawagub bisa saling menimpali atau menjawab pertanyaa. (segementasi saling menanggapi) Nanti saksikan saja," ungkap dia.

KPU juga mengimbau agar antarpaslon tidak menggunakan singkatan atau istilah yang tidak faimiliar. Apabila istilah tersebut hendak digunakan, maka paslon yang memberikan istilah itu harus menjelaskan.

"Tapi kalau mereka menjelaskan kan artinya memotong waktu durasi mereka (berbicara. Jadi ini sebenarnya strategi dari masing-masing paslon aja dalam mengajukan pertanyaan terhadap paslon lain," katanya.

Topik Menarik