Simak Cara Praktis Terhindar dari Modus Penipuan ATM 

Simak Cara Praktis Terhindar dari Modus Penipuan ATM 

Ekonomi | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 11:58
share

JAKARTA, iNews.id - Saat ini penipuan dengan mengatasnamakan pihak Bank marak terjadi. Banyak cara yang dilakukan oknum penipu, dengan tujuan utama untuk mengambil-alih akun perbankan calon korban yang kemudian akan dikontrol penuh olehnya. 

Salah satu modus yang sudah cukup lama beredar adalah penipuan ATM. Biasanya, oknum pelaku akan menaruh alat tambahan di slot kartu mesin ATM untuk mencuri data korban. Nantinya, alat ini akan merekam data nasabah, nomor kartu, dan PIN ATM yang kemudian diambil-alih.

Untuk menghindari risiko penipuan tersebut, saat ini beberapa Bank telah menyediakan layanan tarik tunai tanpa perlu menggunakan kartu ATM sebagai perantara. Selain terbilang aman, layanan ini juga menyuguhkan pengalaman praktis bagi nasabah. 

Berbeda dengan penyedia layanan tarik tunai lainnya, PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang merupakan bagian dari MNC Group (BHIT) menyuguhkan fitur tersebut dengan memanfaatkan jaringan ritel Indomaret yang tersebar luas di Indonesia. Yang menarik adalah, layanan ini tidak hanya berlaku untuk tarik tunai, nasabah juga dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan setor tunai di seluruh gerai Indomaret, tanpa perlu datang ke ATM atau kantor cabang operasional.

Simak deretan panduan berikut agar kamu dapat menikmati layanan setor-tarik tunai ini:
1. Buka aplikasi MotionBank, lalu pilih Menu Top Up & Pay.
2. Pilih menu Tanpa Kartu/ Cardless .
3. Plih Merchant (Indomaret) kemudian pilih Setor Tunai atau Tarik Tunai dan mengikuti. petunjuk sampai  nasabah mendapatkan Token. Token transaksi ini aktif selama 1 jam.
4. Kunjungi kasir Indomaret terdekat, informasikan Token, Nominal Transaksi dan Nomor Handphone yang terdaftar pada aplikasi MotionBank untuk diverifikasi.

Perlu diingat, minimum penarikan/setoran tunai di Indomaret adalah sebesar Rp50.000 untuk setor dan tarik tunai, sedangkan maksimum setoran tunai sebesar Rp5.000.000 dan tarik tunai sebesar Rp1 juta. Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut terkait fitur ini dapat langsung diakses pada https://motionbank.id/fitur/.

Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono mengatakan bahwa dengan menghadirkan fitur tersebut dirinya berharap akan semakin mempermudah nasabah dalam aktivitas setor-tarik tunai. 

“Dengan banyaknya sebaran jaringan gerai Indomaret saat ini, kami berharap dapat mempermudah akses nasabah dalam melakukan setor dan tarik tunai tanpa perlu repot ke Bank,” kata Yudistira.

Sebagaimana diketahui, MotionBank merupakan platform layanan perbankan digital milik MNC Bank yang dihadirkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat serta perubahan perilaku masyarakat dalam memanfaatkan smartphone dalam aktivitas sehari-hari, khususnya aktivitas perbankan. 

Sejumlah fitur unggulan MotionBank diantaranya, transfer real time, login biometrik, top up e-wallet, pembayaran berbagai tagihan dan kartu kredit, pengajuan cicilan kartu, pembukaan deposito online, fitur pembayaran QRIS, transfer dengan BI Fast, serta tarik dan setor tunai di jaringan Indomaret.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai MNC Bank, hubungi MNC Bank Call Center di 1500188, kunjungi Jaringan Kantor Operasional MNC Bank yang tersebar di beberapa kota, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di X. 

Serta jangan lupa untuk menikmati layanan perbankan digital MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di PlayStore dan AppStore yang dapat diakses di seluruh Indonesia, kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa terhubung langsung dengan Customer Service MotionBank melalui whatsapp chat di 08888888888. 

Topik Menarik