Jokowi Ungkap Update Proses Transisi Pemerintahan ke Prabowo, Ini Katanya

Jokowi Ungkap Update Proses Transisi Pemerintahan ke Prabowo, Ini Katanya

Terkini | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 12:18
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kabar terkini terkait transisi pemerintahan ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Dia memastikan prosesnya berjalan dengan baik.

"(Transisi pemerintahan) berjalan dengan baik, berjalan dengan baik. Enggak ada masalah," kata Jokowi usai menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Dia mengaku harus menyelesaikan sejumlah hal menjelang proses transisi itu. Beberapa di antaranya pembentukan badan dan undang-undang.

Hanya saja, dia meyakini Prabowo akan melanjutkan program yang telah dilakukan selama dua periode pemerintahan.

"Saya kira akan memuluskan keberlanjutan, akan melancarkan nanti memuluskan juga di hari pelantikan di tanggal 20 Oktober mendatang," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan amanat saat menjadi inspektur upacara HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Dia meminta para prajurit TNI untuk senantiasa menjaga stabilitas negara di masa transisi pemerintahan.

Awalnya, Jokowi menyampaikan dalam waktu dekat Indonesia akan menghadapi dua momen besar, yakni pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih serta Pilkada 2024.

"Saya minta jaga betul stabilitas, dukung penuh transisi pemerintahan. Pastikan proses transisi berjalan dengan baik dan lancar. Jangan sampai ada riak yang berpotensi mengganggu keamanan negara," kata dia. 

Dia juga berpesan agar TNI turut ambil bagian dalam kesuksesan penyelenggaraan pilkada dengan memegang prinsip netralitas. 

"Dukung penuh penyelenggaraan pilkada, jaga netralitas, jaga situasi agar tetap kondusif," ujarnya.

Topik Menarik