Jokowi Tegaskan Dialog Jadi Satu-satunya Jalan Selesaikan Konflik di Timur Tengah

Jokowi Tegaskan Dialog Jadi Satu-satunya Jalan Selesaikan Konflik di Timur Tengah

Berita Utama | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 13:35
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan dialog menjadi satu-satunya jalan untuk menyelesaikan konflik di Timur Tengah. Dia meyakini komunikasi yang baik dapat meredakan ketegangan di Gaza dan Lebanon.

"Saya kira memang dialog adalah jalan satu-satunya untuk menyelesaikan konflik yang ada di Gaza, di Lebanon, Israel dengan Palestina, Israel dengan Hizbullah, Iran dengan Israel," kata Jokowi usai menghadiri HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). 

Menurutnya, pihak-pihak yang terlibat perlu duduk bersama guna menghindari konflik yang semakin meluas. 

"Semua harus menahan diri untuk tidak memperbesar eskalasi yang ada," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Lebanon. Eskalasi konflik di Timur Tengah diketahui meningkat usai Israel terus menggencarkan serangan.

"Bu Menteri sudah saya perintahkan untuk menindaklanjuti apa yang sudah saya sampaikan agar keselamatan perlindungan warga negara kita dinomorsatukan, evakuasi disegerakan," kata Jokowi, Rabu (2/10/2024). 

Jokowi juga menegaskan Indonesia mengutuk keras serangan Israel kepada Lebanon. Serangan itu telah menewaskan ratusan orang.

"Indonesia mengutuk keras serangan Israel ke Lebanon," kata Jokowi.

Topik Menarik