Donald Trump Sarankan Israel Serang Fasilitas Nuklir Iran

Donald Trump Sarankan Israel Serang Fasilitas Nuklir Iran

Terkini | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 13:52
share

WASHINGTON, iNews.id - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) yang juga capres 2024 dari Partai Republik Donald Trump menyarankan Israel untuk menyerang fasilitas nuklir Iran.

Pernyataan itu disampaikan Trump dalam kampanye Pilpres AS 2024 di Carolina Utara, mengomentari saran Presiden Joe Biden yang tak mendukung serangan balasan Israel terhadap fasilitas nuklir Iran.

"Ketika mereka bertanya kepadanya (Biden), jawaban seharusnya, 'Serang nuklir terlebih dulu dan pikirkan dampaknya nanti'," kata Trump, seperti dikutip dari Sputnik.

Biden menegaskan tidak mendukung Israel menyerang fasilita nuklir Iran. Dia khawatir tindakan itu bisa memicu pembalasan lebih lanjut yang menjerumuskan kawasan Timur Tengah ke dalam perang skala penuh.

Bahkan Biden juga tak menyarankan Israel untuk menyerang fasilitas minyak Iran.

"Israel belum memutuskan apa yang akan mereka lakukan dalam serangan tersebut, masih dalam pembahasan. Jika saya berada di posisi mereka, saya akan memikirkan alternatif lain selain menyerang ladang minyak," kata Biden.

Mantan Duta Besar Iran untuk Jerman, Hossein Mousavian, mengatakan jika Israel menargetkan fasilitas nuklir Iran maka itu akan menjadi kesalahan strategis. Serangan itu bisa membawa Iran bertransisi dari negara di ambang nuklir menjadi negara nuklir.

Meski demikian para pejabat Israel mengatakan negaranya tak akan mampu menyerang fasilitas nuklir Iran sendirian, terutama yang berada di bawah tanah seperti Frodo, tanpa bantuan Amerika Serikat (AS).

Presiden Iran Masoud Pezeshkian menegaskan pemerintahnya tidak menginginkan perang dengan Israel, namun siap menghadapi segala macam ancaman. Iran akan membalas serangan Israel dengan kekuatan berkali lipat daripada yang dilakukan pada 1 Oktober lalu.

Topik Menarik