Timnas Malaysia Susah Dapat Lawan Uji Coba, Begini Penjelasan FAM

Timnas Malaysia Susah Dapat Lawan Uji Coba, Begini Penjelasan FAM

Olahraga | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 18:37
share

KUALA LUMPUR, iNews.id – Timnas Malaysia kesulitan mendapat lawan uji coba pada FIFA Matchday bulan Oktober ini. Kabarnya, banyak negara lain yang menolak untuk bertanding dengan tim berjuluk Harimau Malaya itu. 

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengaku sulit mendapatkan setidaknya dua lawan untuk dihadapi Harimau Malaya bulan ini. 

Timnas Malaysia hanya akan menghadapi satu pertandingan uji coba bulan ini melawan Selandia Baru di North Harbour Stadium, Auckland, Senin (14/10/2024). Tidak ada negara lain yang bersedia untuk memenuhi ajakan Negeri Jiran. 

“FAM berusaha mengamankan pertandingan dengan delapan tim Oseania, termasuk Kepulauan Solomon, Fiji, Tahiti, Kaledonia Baru, Vanuatu, dan Papua Nugini. Namun tim-tim tersebut mempunyai komitmen untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 masing-masing pada 10, 11, dan 12 Oktober,” bunyi pernyataan FAM di laman resmi mereka, Selasa (8/10/2024). 

Untuk mengisi kekosongan, Malaysia dikabarkan akan menghadapi salah satu klub lokal Selandia Baru di sana.

Situasi ini dipandang nyinyir oleh para fans Harimau Malaya di media sosial. Mereka melihat Timnas kesayangan mereka tidak dilirik negara lain sehingga sulit mendapatkan lawan untuk laga persabatan pada FIFA Matchday kali ini. 

Namun Datuk Mohd Yusoff Mahadi selaku Wakil Presiden FAM membantah hal tersebut. 

“Komunikasi dengan tim bawah kita juga sulit, mungkin mereka ingin melakukan persiapan yang sesuai. Kami selalu berharap, setiap jendela internasional kami mendapat dua pertandingan, tapi saya akui kami menghadapi kesulitan karena negara lain punya persiapannya sendiri,” ucapnya. 

“Jadi, kepentingan tim mungkin menjadi alasan mengapa kami tidak bisa menggelar pertandingan, bukan karena mereka menolak, tapi mereka punya komitmen lain,” tuturnya lagi. 

Yusoff juga mengakui, kini FAM berusaha keras untuk mendapatkan satu lawan tambahan di bulan November selain menghadapi India.

Topik Menarik