7 Contoh Teks Moderator Presentasi yang Bisa Dijadikan Inspirasi

7 Contoh Teks Moderator Presentasi yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Terkini | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 23:01
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks moderator presentasi berikut ini bisa jadi sumber inspirasi. Terlebih bagi kamu yang dipercaya untuk menjadi pemimpin diskusi. 

Mengutip buku Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X karya Tim Ganesha Operation, moderator adalah pihak yang memimpin dan membantu jalannya suatu diskusi atau presentasi. Jika seorang  moderator kurang cakap dalam memimpin presentasi di kelas maupun perkuliahan, suasana akan terasa canggung dan membosankan. 

Oleh sebab itulah moderator memerlukan dan mempelajari contoh teks moderator sebelum memulai suatu presentasi. 

Melansir berbagai sumber, Rabu (9/10/2024), berikut contoh teks moderator yang dapat kamu pahami dan pelajari. 

Contoh Teks Moderator Presentasi

1. Contoh Teks Moderator Presentasi di Kelas

Assalamualaikum wr.wb.

Selamat pagi bapak guru dan teman-teman lainnya yang berbahagia. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan, sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini.

Adapun topik yang akan kami bahas adalah makna Pancasila. Perkenalkan, nama saya Annis yang akan bertugas sebagai moderator pada hari ini. Saya akan membimbing jalannya diskusi ini. Adapun anggota kelompok saya adalah (nama), (nama) dan (nama).

Sedangkan rangkaian acara yang akan kita lewati, di antaranya:

Pembukaan moderator
penyampaian dan penyajian materi
tanya jawab, dan
penutup.

Baik teman-teman, langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmallah bersama-sama.

Selanjutnya adalah penyampaian dan penyajian materi, saya persilakan untuk (nama) membacakan materi yang pertama.

Demikian tadi presentasi kelompok kami, mari kita lanjutkan ke sesi tanya jawab, bagi teman-teman yang hendak bertanya kami berikan kesempatan pada 3 orang. 

Terima kasih, selanjutnya kelompok kami akan mencoba menjawab 3 pertanyaan dari teman-teman. 

Sekian presentasi dari kelompok kami, mari kita mengucapkan alhamdulillah.

Saya sebagai moderator mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih untuk perhatiannya.
Wassalamualaikum wr.wb.

2. Contoh Teks Moderator Presentasi di Kampus

Assalamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati dosen pembimbing mata kuliah Statistika.
Yang saya banggakan teman-teman sekalian.

Perkenalkan saya, (nama) perwakilan kelompok 3 yang akan memimpin acara diskusi pada pagi hari ini.
Pada presentasi kali ini, berikut adalah susunan acaranya:

Pembukaan moderator
Penyampaian materi dari tiap anggota kelompok 3
Sesi tanya jawab
Masukan dari dosen pembimbing
Penutup

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita mulai sesi pertama, yakni pembukaan. Marilah kita ucapkan basmalah bersama-sama.

Selanjutnya adalah penyampaian materi. Materi pertama akan dibacakan oleh (nama)…..

Berikutnya, (nama) akan membacakan materi kedua……

Untuk materi terakhir, saya sendiri yang akan menyampaikannya…..

Setelah penyampaian materi, kini kita memasuki sesi berikutnya, yakni tanya jawab….

Pada sesi ini, teman-teman bisa bertanya soal hal yang berkaitan dengan materi yang tadi sudah disampaikan. Bagi yang ingin bertanya, silakan acungkan tangan.

Demikian tadi presentasi kelompok 3. Saya sebagai moderator memohon maaf atas kekurangannya
Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum wr.wb.

3. Contoh Teks Moderator Presentasi di Kelas 

Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat pagi bapak/ibu dosen dan teman-teman yang berbahagia. Pertama, mari kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, yang telah memberi kita kesempatan untuk bertemu dan juga diberi keselamatan serta kesehatan sehingga dapat berkumpul di ruangan ini.

Saya (nama), selaku moderator akan membimbing jalannya acara pada siang hari ini, yang mana pada acara pagi hari ini akan dibahas mengenai makna Pancasila. Adapun anggota kelompok saya adalah (nama), (nama), (nama), dan (nama). Sebelum memulai acara, berikut serangkaian acara yang akan berlangsung siang hari ini:

a. pembukaan
b. penyajian materi
c. tanya jawab
d. penutup

Langsung saja ke sesi pertama yaitu pembukaan. Mari kita ucapkan Basmalah bersama-sama. Selanjutnya adalah materi utama yakni penyajian materi, saya persilakan (nama) untuk membacakan dan memaparkan materi yang pertama.

Demikian tadi presentasi dari kelompok kami. Jika ada peserta atau teman-teman yang ingin bertanya atau menanggapi, dipersilakan.

Presentasi selesai, saya selaku moderator mohon maaf atas kekurangan dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum wr. wb.

4. Contoh Teks Moderator Presentasi di Kelas 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yth. Ibu Sarifah selaku guru Sosiologi dan teman-teman yang saya banggakan. Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT dan selawat serta salam semoga tetap tercurahkan pada Rasulullah Muhammad SAW. 

Hari ini kami akan berdiskusi tentang Culture Shock. Saya Nurul selaku moderator akan membimbing jalannya diskusi ini.

Sebelumnya saya akan memperkenalkan anggota kelompok empat, ada Reza, Nia, Amir, dan Jihan. Rangkaian acara yang akan kita lewati, pada diskusi ini antara lain:

Pembukaan

Penyajian materi

Sesi tanya jawab

Penutup

Masukan dari guru

Pembukaan dan penyajian materi:

Acara yang pertama, yaitu pembukaan, marilah kita bersama-sama mengucapan basmalah. Kita masuki acara selanjutnya, yaitu penyajian materi, saya berikan kesempatan ke penyaji untuk menyampaikan hasil diskusi. 

Sesi tanya jawab:

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Sebelum itu saya akan saya bacakan peraturannya:

Kesempatan tanya jawab dilaksanakan dengan dua termin, setiap termin diisi tiga orang penanya dan tiap pertanyaan diberikan dua sanggahan.

Waktu tanya jawab kami batasi hanya 15 menit.

Selama proses diskusi berlangsung, audiens diharapkan untuk bersikap tenang.

Dipersilakan bagi audiens yang ingin bertanya agar mengangkat tangannya. 

Penutup:

Demikian diskusi kelompok empat, mari kita mengucapkan hamdalah. Saya sebagai moderator memohon maaf atas kesalahan saya, marilah kita beri tepuk tangan kepada kelompok penyaji. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

5. Contoh Moderator Presentasi di Kuliah

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi, yang saya hormati dosen pembimbing mata kuliah Akuntansi, yang saya banggakan teman-teman sekalian.

Perkenalkan saya Dewi perwakilan dari kelompok dua yang akan menjadi moderator dalam diskusi pagi hari ini. Adapun anggota dari kelompok ini selain saya ialah Sarah, Dewa dan Ari. Pada kesempatan ini kami akan berdiskusi tentang Akuntansi Biaya. Susunan acaranya meliputi:

Pembukaan

Penyampaian materi

Sesi tanya jawab

Masukan atau arahan dari dosen pembimbing

Penutup

Pembuka dan penyampaian materi:

Langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama, yaitu pembukaan, mari ucapkan basmalah. Kemudian, penyampaian materi yang disampaikan oleh saudara Ari, silakan Ari.

Sesi tanya jawab:

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dibuka dua sesi. Setiap sesi terdiri dari tiga penanya. Kepada teman-teman yang ingin bertanya silakan acungkan tangan.

Penutup:

Demikian presentasi dari kelompok 2, mari ucapkan alhamdulillah. Saya sebagai moderator pamit undur diri, mohon maaf atas kekurangannya, dan terima kasih untuk perhatiannya. 

6. Contoh Moderator Presentasi di Kuliah

Selamat pagi, Yth. Bapak Fauzi selaku Dosen Mata Kuliah Ilmu Komunikasi dan teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

Perkenalkan saya Hasna selaku moderator yang akan memandu jalannnya presentasi dan diskusi kali ini. Hari ini yang bertugas melakukan presentasi adalah kelompok 1 dengan materi Jenis Media Komunikasi. 

Sebelum itu saya akan perkenalkan nama anggota kelompok, ada Nabila Ramadani, Rina Aulia, Tedi Wijaya, dan Yuda Setiawan. Adapun rangkaian presentasi online hari ini dimulai dari:

Sesi Pembukaan

Sesi Presentasi

Sesi Tanya Jawab

Sesi Masukan dari Dosen Pengampu Mata Kuliah

Sesi Penutup

Pembukaan dan presentasi:

Mari kita buka presentasi ini dengan membaca basmalah. Selanjutnya sesi kedua, yaitu presentasi. Kepada Rina, saya persilakan.

Sesi tanya jawab:

Presentasi selesai, sekarang kita masuk ke sesi tanya jawab. Pada sesi kali ini, moderator membatasi hanya tiga pertanyaan. Bagi yang ingin bertanya silakan mengangkat tangan.

Sesi masukan dari dosen:

Baiklah, teman-teman, sesi tanya jawab selesai. Sekarang lanjut ke sesi masukan dari dosen pengampu mata kuliah. Kepada Bapak Fauzi kami dipersilakan.

Penutup:

Demikianlah kegiatan presentasi dan diskusi hari ini. Saya selaku moderator meminta maaf atas segala kesalahan. Mari tutup kegiatan hari ini dengan membaca hamdalah.

7. Contoh Moderator Presentasi di Kelas 

Selamat pagi, yang terhormat, Bapak Syahril dan teman-teman kelas 10 IPS 2. Pada hari ini, saya Krisna sebagai moderator akan memandu kegiatan diskusi. Topik yang dibicarakan adalah Resensi Novel. Susunan kegiatan diskusi mulai dari:

Pembukaan

Penyajian materi

Sesi tanya jawab

Penutup

Pembukaan dan penyampaian materi:

Acara yang pertama adalah pembukaan, marilah kita mengucapkan basmalah. Selanjutnya penyajian materi selama 15 menit. Kepada Edo, selaku penyampai materi, saya persilakan.

Sesi tanya jawab:

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dilakukan dalam dua sesi, setiap sesi kami buka tiga pertanyaan. Selama proses diskusi berlangsung, audiens diharapkan tenang.

Penutup:

Rangkaian acara diskusi telah selesai, saya bacakan simpulan dari diskusi kita hari ini, yaitu:

1. ....

2. ....

3. ....

Demikian diskusi kelompok 1, mari kita mengucapkan Alhamdulillah. Sebagai moderator saya memohon maaf atas kesalahan saat proses menyampaikan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah ulasan mengenai contoh teks moderator presentasi. Semoga menginspirasi!

Topik Menarik