Donald Trump Tolak Debat dengan Kamala Harris, kok Begitu?

Donald Trump Tolak Debat dengan Kamala Harris, kok Begitu?

Berita Utama | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:10
share

WASHINGTON, iNews.id - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump menolak tawaran debat capres putaran kedua dengan pesaingnya dari Partai Demokrat, Kamala Harris. Tawaran itu diajukan Fox News untuk debat yang akan berlangsung akhir bulan ini.

Fox News, beberapa jam sebelum penolakan Trump, mengundang kedua capres untuk debat kedua yang akan berlangsung pada 24 atau 27 Oktober.

"Tidak akan ada debat kembali. Jadi tidka ada yang perlu diperdebatkan," kata Trump, di platform media sosial Truth Social. 

Dia menjelaskan sudah sangat terlambat untuk mengadakan debat kembali.

Trump dan Harris mengikuti debat pertama mereka pada 10 September.

Sejak itu Trump mengatakan tidak akan ada debat lagi sampai pemungutan suara Pilpres AS 2024 pada 5 November mendatang.

Ini bukan kali pertama Trump menolak tawaran debat kedua. Sebelumnya dia juga menolak tawaran dari CNN untuk debat dengan Harris yang seharusnya berlangsung pada 23 Oktober.

Dalam pernyataan, Fox menyatakan debat kedua akan memberikan kesempatan bagi masing-masing capres untuk menyampaikan argumen terakhir sebelum pemungutan suara.

Pekan lalu, cawapres dari Harris dan Tim Walz berdebat dengan cawapres yang mendampingi Trump, JD Vance.

Hasil beberapa jajak pendapat menunjukkan Harris unggul tipis dibandingkan Trump. Meski demikian selisih poin persentase mereka masih berada dalam jangakaun margin of error yang menandakan pilpres AS tahun ini akan berjalan sangat ketat.

Topik Menarik