RK Bertekad Perbanyak RPTRA, Beli Rumah Warga lalu Dibongkar Jadi Ruang Terbuka Hijau

RK Bertekad Perbanyak RPTRA, Beli Rumah Warga lalu Dibongkar Jadi Ruang Terbuka Hijau

Terkini | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:58
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil bertekad memperbanyak Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta. Menurutnya, RPTRA merupakan program bagus dari gubernur terdahulu yang perlu dilanjutkan.

Dia mengaku telah membuat ruang terbuka hijau (RTH) kala memimpin Jawa Barat. Salah satu caranya membeli rumah warga untuk dibongkar menjadi RTH.

"Ya kalau dia padat, saya pernah pengalaman, saya beli rumah, rumahnya saya bongkar. Bongkarannya, tanahnya jadi ruang terbuka buat main anak. Jadi kalau nanti di kampung padat ada kebutuhan itu, mungkin metodenya sama," kata Kang Emil di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

Menurutnya, program yang bagus dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga Anies Baswedan perlu dilanjutkan. Sebab, keberlanjutan program itu merupakan suatu kewajiban.

"Semua itu kewajiban ya, yang udah bagus dari Pak Ahok, Pak Anies, kalau memang ada kendala kita sempurnakan. Tapi yang belum ada, metodenya bisa RTH yang ada dibikin bagus, atau betul-betul nggak ada, saya beli kaveling, beli rumah, dijadikan RTH," ucap Kang Emil.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menyatakan akan memperbanyak car free night (CFN) di Jakarta. CFN juga bakal disulap menjadi ajang pameran seni dan budaya. 

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk membuat seniman jalanan tetap eksis. Selain itu, CFN juga bertujuan sebagai lahan promosi karya seni.

“Kita ada car free night itu. Nah car free night itu nanti jadi bagian pameran, promosi, budaya, seni di level menengah bawah,” kata RK di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024) malam.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini memastikan sudah merancang CFN agar menjadi pameran seni dan budaya yang terkenal.

“Sudah disiapkan konsepnya,” kata dia.

Topik Menarik