Ketika Donald Trump Memuji Keindahan Gaza: Tempat Terbaik di Dunia!

Ketika Donald Trump Memuji Keindahan Gaza: Tempat Terbaik di Dunia!

Berita Utama | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 17:01
share

WASHINGTON, iNews.id - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) yang tahun ini kembali maju dalam pilpres AS, Donald Trump, menyebut Gaza bisa menjadi salah satu tempat terindah di dunia. Dalam wawancara dengan penyiar radio konservatif, Hugh Hewitt, yang disiarkan Senin (7/10/2024), Trump mengatakan Gaza berada di lokasi terbaik di tepi Laut Mediterania.

Bukan hanya posisi dan pemandangannya, Trump juga memuji iklim, cuaca, dan air di Gaza. Oleh karena itu, dia heran mengapa lokasi itu tak pernah dimanfaatkan untuk tempat wisata.
 
"Mereka tidak pernah memanfaatkannya. Anda tahu, sebagai developer, itu bisa menjadi tempat terindah -cuacanya, airnya, iklim, semuanya- itu bisa sangat indah," kata Trump. 

"Itu bisa menjadi hal terbaik di Timur Tengah, bisa menjadi salah satu tempat terbaik di dunia," ujarnya, menambahkan.

Pernyataan Trump tersebut merupakan penegasan atas komentar menantunya yang pernah menjadi penasihat, Jared Kushner. Pada awal tahun ini, Kushner mengatakan properti di tepi laut Gaza sangat bernilai.

Masih di wawancara yang sama, Trump memicu kontroversi setelah mengatakan pernah berkunjung ke Gaza. Padahal tak ada catatan apa pun yang menjadi bukti bahwa presiden ke-45 AS itu pernah mengunjungi wilayah yang dikuasai Hamas tersebut. 

Saat itu Hewitt bertanya kepada Trump, apakah wilayah Gaza yang sebagian besar telah diratakan dengan tanah oleh Israel selama setahun, bisa dikembangkan menjadi seperti Monako?

"Itu bisa lebih baik daripada Monako. Lokasinya terbaik di Timur Tengah, airnya terbaik, semuanya terbaik," kata Trump, seperti dilaporkan kembali Al Jazeera. 

"Saya pernah ke sana, dan itu sulit. Itu tempat yang sulit, sebelum... Anda tahu, sebelum semua serangan.. apa yang terjadi selama beberapa tahun terakhir," ujarnya, lagi.

Seorang juru bicara kampanye Trump memberikan penjelasan kepada The New York Times yang lebih ngawur lagi. Dia mengatakan Gaza berada di Israel dan Trump pernah ke Israel.

Topik Menarik