KSAD Pastikan Pelantikan Prabowo-Gibran Tak Ada Gangguan, TNI AD Siap Amankan Gedung DPR dan Istana

KSAD Pastikan Pelantikan Prabowo-Gibran Tak Ada Gangguan, TNI AD Siap Amankan Gedung DPR dan Istana

Terkini | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 17:32
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memastikan pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tak ada gangguan. Pelantikan tersebut digelar di Gedung MPR/DPR pada Minggu (20/10/2024).

“Saya kira tidak ada permasalahan ya. Kita sudah sampai perkembangan terakhir. Jadi kekuatan-kekuatan sudah kita baca hampir tidak ada (potensi gangguan),” kata Maruli Simanjuntak kepada wartawan di Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Maruli menjelaskan TNI AD akan melakukan pengamanan saat pelantikan di Gedung MPR-DPR RI. Tak hanya itu, anggota TNI juga akan disiapkan di kawasan Istana.

“Jadi kita hanya mempersiapkan pengamanan yang rutin saja, tidak ada hal-hal yang terlalu menonjol kira-kira. Nanti dilantik DPR datang ke Istana, nanti presiden yang sudah menyelesaikan masa tugasnya kembali ya kita amankan itu aja supaya keamanan tertib, nah itu juga yang kita bantu," katanya.

Sebelumnya, Ketua MPR Ahmad Muzani akan mengundang kandidat Pilpres 2024 seperti Anies Baswedan hingga Ganjar Pranowo pada acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, 20 Oktober 2024. Tokoh politik lainnya juga akan diundang.

Muzani mengatakan pelantikan Prabowo-Gibran bakal digelar di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI di Senayan, Jakarta Pusat. 

"Dari presentasi yang disampaikan, rencananya pelantikan presiden dan wakil presiden hasil pemilihan umum 2024 akan dilaksanakan pada 20 Oktober pada hari Minggu jam 10.00 WIB pagi di Gedung DPR-MPR di Gedung Nusantara," kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).

Topik Menarik