Duel Timnas Indonesia Vs Bahrain Berpotensi Diulang dan Wasit Ahmed Al Kaf Dihukum Seumur Hidup, Asalkan...

Duel Timnas Indonesia Vs Bahrain Berpotensi Diulang dan Wasit Ahmed Al Kaf Dihukum Seumur Hidup, Asalkan...

Olahraga | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 19:03
share

RIFFA, iNews.id - Duel Timnas Indonesia vs Bahrain berpotensi diulang dan wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga dihukum seumur hidup. Namun ada satu syarat yang harus dipenuhi.

Garuda bertandang ke markas Bahrain pada matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga. Duel berakhir imbang 2-2.

Mohamed Marhoon membawa Bahrain unggul lebih dulu menit ke-15 lewat tendangan bebasnya. Timnas Indonesia tak menyerah dan berbalik unggul 2-1 berkat torehan Ragnar Oratmangoen (45+3) dan Rafael Struick (74).

Kemenangan Garuda yang sudah di depan mata sirna di pengujung laga. Marhoon mencetak gol kedua menit ke-90+9.

Gol tersebut menjadi kontroversial. Sebab wasit Al Kaf hanya memberikan perpanjangan waktu enam menit saja.

Namun dia terus melanjutkan pertandingan hingga enam menit lebih. FIFA bisa saja mengulang pertandingan ini dan mengusir Al Kaf dari dunia perwasitan seumur hidup jika terbukti memang ada pengaturan skor.

Dikutip dari The Guardian, kasus serupa sebelumnya pernah terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrila antara Afrika Selatan vs Senegal. Wasit Ghana Joseph Lamptey ditunjuk mengatur laga.

Namun dia membuat keputusan kontroversial. Lamptey memberikan Afrika Selatan penalti setelah bek Senegal Kalidou Koulibaly dianggap handball di kotak terlarang.

Padahal dalam tayangan ulang, bola jelas-jelas mengenai lutut Koulibaly. Afrika Selatan akhirnya menang 2-1 berkat penalti itu.

Namun FIFA mengusut insiden tersebut dan memutuskan Lamptey bersalah. FIFA dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) sepakat untuk laga yang akhirnya dimenangkan Senegal 2-0.

Tak menutup kemungkinan jika laga Timnas Indonesia vs Bahrain juga diulang. Apalagi perlu diingat, Presiden FIFA Gianni Infantino punya hubungan yang baik dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Topik Menarik