Agar Adil untuk Platform Lain, Kominfo Desak X Punya Kantor di Indonesia

Agar Adil untuk Platform Lain, Kominfo Desak X Punya Kantor di Indonesia

Terkini | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 20:26
share

JAKARTA, iNews.id - Twitter atau X belum mempunyai kantor di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi sudah mempunyai strategi untuk membuat X membuka kantor di Tanah Air. 

Kehadiran kantor X di Indonesia, kata Budi merupakan sesuatu yang penting demi menjaga ekosistem konten sehat di media sosial (medsos). Budi mengatakan pihaknya saat ini sedang mengkaji langkah-langkah tepat dan strategis agar Elon Musk membuka kantor perwakilan X. 

Platform media sosial selain X sendiri sudah mempunyai kantor perwakilan di Indonesia. Kehadiran kantor perwakilan resmi platform media sosial di dalam negeri akan memudahkan pemerintah mengambil langkah tegas jika terjadi pelanggaran.

"Enggak adil buat platform yang lain. Kan platform lain ada perwakilan di Indonesia, jadinya kalau ada apa-apa, negara akan gampang menindaknya," kata Menkominfo. 

Kendati demikian, Budi Arie enggan membocorkan strategi yang sedang dipersiapkan untuk mendorong platform X membuka kantor di Indonesia.

"Tunggu dong langkah-langkahnya kalau sudah dibocorin harus dimatangin dulu nanti kalau sudah waktunya akan diumumkan ke teman-teman," tuturnya.

Topik Menarik