Cermat Memilih, Perhatikan 5 Hal Ini saat Cari Lowongan Kerja

Cermat Memilih, Perhatikan 5 Hal Ini saat Cari Lowongan Kerja

Terkini | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 16:10
share

JAKARTA, iNews.id - Dewasa ini, mencari lowongan kerja terbaru membutuhkan strategi yang tepat. Utamanya ketika berharap menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kualifikasi. 

Saat ini, pencari kerja semakin dimudahkan dalam proses pencarian kerja, karena banyaknya job portal dan informasi lowongan kerja yang tersebar di berbagai platform online. Adapun, salah satu platform yang bisa membantu untuk mencari kerja adalah Dealls. 

Kendati demikian, kecermatan dalam melihat lowongan kerja tetap dibutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi pencari kerja untuk memahami langkah-langkah yang tepat agar bisa mendapatkan peluang terbaik.

Berikut adalah lima hal penting yang harus diperhatikan saat mencari lowongan kerja.

1. Cek Kredibilitas Perusahaan

Sebelum melamar ke sebuah perusahaan, penting untuk memeriksa kredibilitas perusahaan tersebut. Sebab, tidak semua perusahaan memiliki reputasi yang baik. Lebih dari itu, risiko penipuan dalam pencarian kerja juga masih menjadi hal yang berkali-kali terjadi.

Karena itu, lakukan penelusuran terhadap informasi lengkap tentang perusahaan, termasuk profil perusahaan dan ulasan dari karyawan sebelumnya. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan riset kecil dengan mengecek situs resmi perusahaan dan akun media sosial mereka. Dengan cara ini, reputasi perusahaan di mata karyawannya serta budaya kerja yang ada di dalamnya dapat diketahui. 

Salah satu cara termudah memeriksa kredibilitas perusahan adalah melalui platform seperti Dealls. Lantaran, platform ini dapat melihat lebih jelas gambaran perusahaan secara umum sebelum memutuskan untuk melamar.

2. Pahami Deskripsi Pekerjaan Secara Menyeluruh

Jangan terburu-buru melamar pekerjaan ketika melihat lowongan kerja yang menarik. Pahami dahulu deskripsi pekerjaan yang tertera. Sebab, deskripsi pekerjaan yang lengkap dapat memberi gambaran yang lebih jelas mengenai tanggung jawab yang akan diterima. 

Karena itu, penting untuk memahami deskripsi pekerjaan secara kafah. Pastikan bahwa posisi tersebut benar-benar sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan ekspektasi. Selain itu, jangan sungkan untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas dalam deskripsi pekerjaan, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada perekrut. 

Nah, Dealls menyediakan fitur yang memudahkan pencari kerja untuk membaca deskripsi pekerjaan secara detail. Fitur filter yang ada di Dealls sangat berguna untuk menyeleksi lowongan berdasarkan bidang pekerjaan, tingkat pengalaman, dan lokasi yang sesuai dengan kriteria. Langkah ini tentu membantu untuk memahami posisi yang dilamar. 

3. Perhatikan Lokasi Kerja dan Work-Life Balance

Lokasi pekerjaan adalah faktor yang acap diabaikan oleh para pencari kerja. Padahal, lokasi kerja dapat berpengaruh pada kenyamanan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, juga bisa berdampak pada aspek-aspek lain seperti biaya hidup, waktu perjalanan, serta keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. 

Karena itu, jadikan lokasi kerja sebagai pertimbangan ketika mengajukan lamaran pekerjaan. Dealls menyediakan fitur filter berdasarkan lokasi yang memungkinkan untuk mencari lowongan kerja di kota atau wilayah yang diinginkan. Tak hanya itu, Dealls juga memberikan opsi untuk mencari lowongan kerja yang lebih fleksibel seperti remote work atau work-from-home. 

4. Persiapkan CV yang Tepat

Salah satu hal yang paling penting saat melamar pekerjaan adalah Curricullum Vitae atau populer disebut CV. Tentu, CV yang dikirim ke perusahaan harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Lebih dari itu, CV juga harus mampu menyoroti keterampilan serta pengalaman yang relevan. 

Oleh sebab itu, jangan membuat CV yang terlalu umum dan tidak spesifik. Sebab, hal tersebut bisa terlihat kurang serius di mata perekrut. Selain itu, CV yang lebih umum justru akan membuat pelamar tidak memiliki keahlian yang spesifik. 

Berikut beberapa tips untuk membuat CV yang menarik. CV yang baik bisa menyertakan pengalaman kerja yang relevan, sorot keterampilan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Juga, pastikan mudah dibaca dan terstruktur dengan baik.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberbaiki CV. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan fitur CV Reviewer yang ada di platform Dealls. 

Fitur CV Reviewer yang ada di Dealls memungkinkan masukan profesional untuk memperbaiki CV. Fitur ini tentunya sangat berguna untuk memastikan bahwa CV sudah dalam bentuk terbaik sebelum dikirimkan ke perusahaan. 

5. Manfaatkan Program Mentoring 1 on 1 Gratis dari Dealls

Selain beberapa tips di atas, cara lain yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum mendaftar kerja adalah dengan mentoring 1 on 1. Dengan mengikuti program mentoring, bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Mentoring 1 on 1 juga dapat berguna untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi tantangan rekrutmen di era yang semakin kompetitif.

Dealls memiliki program mentoring 1 on 1 gratis yang dapat membantu pencari kerja mempersiapkan diri untuk menghadapi proses rekrutmen. Bimbingan ini mencakup berbagai aspek penting dalam pencarian kerja, seperti persiapan wawancara, perencanaan karier, hingga pengembangan keterampilan yang relevan.

Program mentoring ini juga sangat membantu pencari kerja dalam memahami dinamika pasar kerja dan kebutuhan perusahaan. 

Itulah beberapa tips dalam mencari lowongan kerja. Harapannya, dapat menjadi langkah penting yang bisa membantu dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Salah satu yang dapat membantu proses pencarian pekerjaan adalah melalui platform seperti Dealls yang menawarkan berbagai fitur unggulan yang memudahkan pencarian kerja. Fitur-fitur tersebut seperti filter pencarian, CV Reviewer, hingga program mentoring 1 on 1. 

Topik Menarik