Mendagri Kenang Sosok Benny Laos: Tak Pernah Mau Makan APBD, Fokus Sejahterakan Warga

Mendagri Kenang Sosok Benny Laos: Tak Pernah Mau Makan APBD, Fokus Sejahterakan Warga

Berita Utama | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 02:30
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berduka atas meninggalnya mantan Bupati Pulau Morotai, Benny Laos. Dia mengenang Benny sebagai sosok kepala daerah yang mengabdi kepada masyarakat. 

Dia mengaku sudah mengenal calon gubernur Maluku Utara (Malut) itu sejak 2001 lalu. Saat itu, dia bertemu Benny semasa masih menjabat sebagai perwira menengah (pamen) Polri.

"Saya melihat Benny adalah orang yang sudah cukup dengan dirinya sendiri dari segi kekayaan. Dia tidak pernah ingin makan dari APBD atau terlibat dalam korupsi. Dia benar-benar berfokus untuk kesejahteraan masyarakat, terutama yang kurang mampu," ujar Tito usai melayat ke Rumah Duka dan Krematorium Sentosa, Jakarta, Minggu (13/10/2024).

Menurut Tito, Benny merupakan sosok yang mudah bergaul. "Kami sering nongkrong bareng, ngopi, dan bermain golf bersama," tambah Tito. 

Meskipun sempat meragukan ambisi Benny untuk menjadi Bupati Pulau Morotai, Tito mengakui keberhasilan almarhum memimpin dan membangun wilayah tersebut. Benny, lanjut Tito, selalu bertekad memperbaiki kehidupan masyarakat Malut. 

"Dia ingin perubahan nyata, dia merasa dibesarkan di sana, dan dia ingin mengentaskan kemiskinan di Maluku Utara. Itulah yang mendorong dia maju sebagai calon gubernur," kata Tito.

Dia juga memandang Benny sebagai sosok yang pluralis dan sangat menjunjung tinggi kebinekaan. Meskipun berasal dari minoritas, Benny tetap merangkul semua kalangan, termasuk masyarakat Muslim di Morotai. 

"Dia sangat dekat dengan tokoh-tokoh masyarakat dan memperbaiki masjid besar di Morotai, tanpa membedakan agama atau suku. Dia benar-benar menjaga kebinekaan dan keberagaman," kenang Tito.

Diketahui, Benny Laos meninggal dunia akibat kebakaran speedboat di Pelabuhan Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu, Sabtu (12/10/2024).

Kapolres Taliabu AKBP Totok Handoyo menjelaskan, ledakan terjadi saat speedboat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Pelabuhan Bobong. Benny Laos dan tim kampanye baru saja melakukan blusukan ke Pasar Bobong.

"Kebetulan seluruh tim kampanye dengan paslon Benny Laos bersama istri setelah melaksanakan blusukan ke Pasar Bobong kembali ke speedboat dalam kondisi (kapal) mengisi bahan bakar minyak," katanya.

Topik Menarik