Istana Sebut Penunjukan Herindra jadi Kepala BIN Sudah Didiskusikan dengan Prabowo

Istana Sebut Penunjukan Herindra jadi Kepala BIN Sudah Didiskusikan dengan Prabowo

Terkini | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 14:13
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Budi Gunawan dari jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Jokowi pun disebut telah menunjuk pengganti Budi yakni, Herindra.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan penunjukan Herindra oleh Presiden Jokowi telah dibicarakan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Terkait proses pemberhentian dan pencalonan Kepala BIN telah dibicarakan/didiskusikan dengan presiden terpilih," kata Ari dalam keterangannya, Selasa (15/10/2024).

Ari menegaskan pemberhentian Budi Gunawan dan penunjukan Herindra sebagai Kepala BIN merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

"Presiden memiliki kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan Kepala BIN setelah mendapatkan pertimbangan DPR," tuturnya.

Jokowi sebelumnya mencopot Budi Gunawan dari jabatan Kepala BIN. Hal itu diketahui dari Surat Presiden (Surpres) Nomor R51 tertanggal 10 Oktober 2024 perihal Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BIN.

"Selanjutnya surat tersebut telah dibahas dalam rapat konsultasi pimpinan DPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi DPR RI tanggal 14 Oktober 2024," kata Ketua DPR Puan Maharani dalam rapat paripurna.

Puan menjelaskan uji kelayakan dan kepatutan akan digelar DPR pada Rabu, 16 Oktober 2024. "Insyaallah akan dilaksanakan fit and propernya atau pertimbangan dari DPR itu insyaAllah besok pagi di DPR," ucap Puan.

Topik Menarik