Penipu di TikTok Edit Video Figur Publik, Langsung Diringkus Polda Metro

Penipu di TikTok Edit Video Figur Publik, Langsung Diringkus Polda Metro

Terkini | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:13
share

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya menangkap HH, pelaku penipuan online (scammer) melalui media sosial TikTok. HH menggunakan foto hingga video figur publik yang telah diedit, dengan konten seolah-olah sedang membagi-bagikan uang.

"Dalam video yang dibuat, tokoh seolah-olah membagi-bagikan uang dengan cara (netizen harus) like postingan serta mengirimkan sejumlah biaya administrasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi, Selasa (15/10/2024). 

Pelaku berupaya memancing para korban yang menonton akun TikToknya. Korban diiming-imingi uang hingga Rp50 juta jika mem-follow akun dan menekan tanda love di akun tersebut.

Korban pun tergiur dan mengikuti arahan dari pelaku tersebut.

Setelah mengklik tanda love pada akun TikTok milik pelaku, korban diarahkan ke aplikasi WhatsApp. Korban lalu terpancing untuk melakukan chat dengan nomor WhatsApp tersebut.

Para korban kemudian diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening yang sudah disediakan pelaku. Setelah itu, nomor korban diblokir pelaku.

Ade menegaskan, Polda Metro Jaya berkomitmen melindungi masyarakat di tengah maraknya penipuan online. Polda Metro juga fokus menyosialisasikan empat aspek yakni budaya digital, keterampilan digital, etika digital dan keamanan digital.

"Imbauan kami agar masyarakat bijak dalam menggunakan teknologi digital, memahami risikonya dan melaporkan tindakan-tindakan mencurigakan yang terjadi di ruang digital sehingga nantinya akan terbentuk masyarakat yang cakap digital, artinya culture-nya dapat, skill-nya dapat, ethics-nya dapat dan safety-nya dapat," katanya.

Topik Menarik