Morning Update: Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Kawasaki yang Banyak Menyerang Balita

Morning Update: Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Kawasaki yang Banyak Menyerang Balita

Terkini | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:16
share

JAKARTA, iNews.id - Orangtua perlu waspada terhadap penyakit Kawasaki, terlebih jika si kecil saat ini sedang demam tinggi lima hari atau lebih, disertai mata merah tanpa belek. 

Menjadi pertanyaan sekarang, apa itu penyakit Kawasaki? Apa saja gejala dan penyebab penyakit ini?

Dokter Spesialis Anak dr Anisa Rahmadhany, Sp.A(K), menerangkan kalau penyakit Kawasaki secara sederhana adalah penyakit yang mengenai pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyakit ini akan menjadi sangat serius ketika menyerang pembuluh darah koroner.

Ya, pembuluh darah koroner adalah pembuluh darah yang memperdarahi jantung. Jika menyerang pembuluh darah jantung, dampaknya bisa membuat sumbatan dan ini memicu serangan jantung pada pasien di usia yang lebih dewasa. 

"Serangan jantung umumnya terjadi pada mereka yang berusia tua. Tapi, kalau pasien penyakit kawasaki yang pembuluh darah koronernya kena serangan infeksi dan tidak ditangani dengan benar, pasien berisiko serangan jantung di usia dewasa muda atau sekitar 30 hingga 40 tahun," papar dr Anisa saat menjadi narasumber di Morning Update iNews TV, Rabu (16/10/2024). 

Dokter Anisa menerangkan, penyakit ini paling banyak menyerang anak usia di bawah lima tahun atau balita. Itu kenapa, disarankan kepada para orangtua agar lebih 'aware' dengan tubuh si kecil, jika menunjukkan gejala penyakit Kawasaki, segera berkonsultasi pada dokter spesialis anak. 

Gejala Penyakit Kawasaki 

Menurut dr Anisa, gejala penyakit kawasaki diawali dengan demam tinggi yang berlangsung lima hari atau lebih. Demamnya ini sekitar 39 hingga 40 derajat celcius. 

Selain demam, penyakit Kawasaki juga ditandai dengan lima tanda berikut ini:

Gejala penyakit Kawasaki dijelaskan dalam program Morning Update iNews TV, Rabu (16/10/2024). (Foto: iNews TV)
Gejala penyakit Kawasaki dijelaskan dalam program Morning Update iNews TV, Rabu (16/10/2024). (Foto: iNews TV)

- Mata merah, tapi tidak ada belek.
- Ruam yang bisa muncul di seluruh tubuh. Ruam bisa dalam bentuk bercak merah atau bentol-bentol.
- Telapak tangan atau kaki bengkak, disetai nyeri dan kemerahan.


- Bibir merah tidak seperti biasanya, kering, dan pecah-pecah. Lalu, di area lidah ada gambaran seperti bentuk stroberi atau dalam dunia medis disebut strawberry tongue.
- Di leher terjadi pembesaran kelenjar getah bening di salah satu sisi saja, bisa di leher kanan atau kiri. 

Penyebab Penyakit Kawasaki

Dokter Anisa menerangkan, sejak ditemukan pertama kali oleh dokter anak di Jepang bernama Tomisaku Kawasaki di 1967, masih banyak yang belum diketahui tentang penyakit ini, termasuk penyebabnya. Namun, penyakit ini sifatnya autoimun, jadi ada faktor infeksi dan genetik juga berperan. 

"Tapi, gak setiap anak yang menderita Kawasai nanti akan mengalami pembuluh darah koroner, dan juga tidak setiap anak yang mengalami infeksi, mengalami penyakit Kawasaki," ungkap dr Anisa. 

Jadi, itu dia penjelasan terkait gejala dan penyebab penyakit Kawasaki. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik