Luhut Resmikan Bandara Dhoho di Hari Terakhir Kerja sebagai Menteri, Ini Potretnya

Luhut Resmikan Bandara Dhoho di Hari Terakhir Kerja sebagai Menteri, Ini Potretnya

Ekonomi | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:11
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Bandara Dhoho di Jawa Timur pada hari ini, Jumat (18/10/2024). Peresmian ini menjadi momen terakhir dirinya bekerja sebagai menteri dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhut mengisahkan momen peresmian proyek ini menjadi hal yang sangat bermakna. Bagaimana tidak, kota Madiun menjadi daerah pertama yang ia pimpin setelah penugasan sebagai Komandan.

“Bagi saya, peresmian terakhir proyek pembangunan infrastruktur kali ini memiliki makna tersendiri. Karena di tahun 1993, saya mendapatkan penugasan pertama kali menjadi Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya di Kota Madiun,” ucapnya dikutip iNews.id dari Instagram resminya.

Bandara Dhoho Kediri (Dok. Kemenko Marves)
Bandara Dhoho Kediri (Dok. Kemenko Marves)

“Beberapa tahun berselang, saya mengakhiri penugasan saya sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi di Kabupaten Kediri untuk meresmikan Bandara Dhoho,” tutur dia.

Menurut Luhut, kehadiran Bandara Dhoho Kediri menjadi momen bersejarah bagi perkembangan konektivitas di Jawa Timur. Sebab, bandara ini beroperasi sebagai bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan skema KPBU unsolicited, di mana inisiatif proyek datang dari pihak swasta dan didukung penuh oleh pemerintah. 

“Hal ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara sektor publik dan swasta dapat menghadirkan solusi cepat dan efisien dalam menjawab tantangan pembangunan. Bandara Dhoho juga membawa dampak signifikan bagi perekonomian daerah,” ujar Luhut.

Sementara itu, Bandara Dhoho dibangun di atas lahan lebih dari 300 hektare dan memiliki terminal yang mampu melayani 1,5 juta penumpang per tahun. Bandara Dhoho ini dioperasikan oleh Angkasa Pura Airports sejak 29 Maret 2023 berdasarkan Kerja Sama Operasi (KSO) antara Angkasa Pura Airports dengan PT Surya Dhoho Investama (PT SDHI).

Topik Menarik