Prabowo-Gibran Dilantik sebagai Presiden dan Wapres Hari Ini

Prabowo-Gibran Dilantik sebagai Presiden dan Wapres Hari Ini

Terkini | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 06:08
share

JAKARTA, iNews.id - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024) hari ini. Pelantikan digelar dalam sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Prabowo-Gibran menjadi orang nomor satu dan dua di Indonesia setelah memenangi Pilpres 2024. Pasangan ini meraih suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59 persen dari total suara sah nasional.

Prabowo akan menjadi Presiden ke-8 Indonesia, sementara Gibran Wapres ke-14.

Acara pelantikan Prabowo-Gibran digelar mulai pukul 10.00 WIB. Sidang paripurna pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani.

Setelah agenda pembacaan sumpah, akan dilakukan pertukaran tempat duduk antara Presiden dan Wapres periode 2019-2024 dengan Presiden dan Wapres 2024-2029.

Berikut bunyi sumpah yang dibacakan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih:

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa".

Dengan selesainya pelantikan, maka rakyat Indonesia telah resmi memiliki Presiden dan Wapres yang baru yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Topik Menarik