Ratusan Rohingnya Kembali Terombang-Ambing di Perairan Aceh

Ratusan Rohingnya Kembali Terombang-Ambing di Perairan Aceh

Terkini | kutaraja.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 01:00
share

Aceh Selatan.Kutaraja.inews.id - Ratusan pengungsi etnis  rohingnya terombang-ambing di perairan Laut Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan.  Mereka tidak diperbolehkan turun ke darat  oleh masyarakat setempat.

Ratusan pengungsi etnis rohingnya kembali tiba di perairan Aceh, tepatnya di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. Manusia perahu ini  sudah mulai terlihat oleh para nelayan setempat sejak jumat siang (18/10/2024) terombang – ambing dilaut. Kapal yang mereka tumpangi diduga mengalami kerusakan mesin.

Kapal yang ditumpangi imigran etnis rohingya diperkirakan berjumlah 150 orang terdiri atas anak-anak, wanita dan pria dewasa. Mereka didominasi perempuan dan anak -anak. Sabtu pagi, (19/10/2024) posisi kapal mereka berada sekitar 5 mil daripelabuhan  Teluk Labahun Haji.

Kedatangan pengungsi rohingya di Aceh Selatan ini  mendapat penolakan dari warga setempat, sehingga ratusan manasusia kapal ini masih bertahan di tengah laut.

Fadhli Ras, Plt Camat Labuhan Haji Tengah menyebutkan masyarakat sekitar sempat memberikan bantuan makanan, yang di kirim oleh nelayan kedalam perahu para imigran. Menurut informasi yang beredar dari para nelayan, terdapat 4 warga rohingya meninggal dunia dan sejumlah penumpang lainya mengalami sakit berat

Topik Menarik