Ditangkap, DPO OPM Puncak Mairon Tabuni Terlibat Penembakan di Ilaga Puncak

Ditangkap, DPO OPM Puncak Mairon Tabuni Terlibat Penembakan di Ilaga Puncak

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 13:52
share

MIMIKA, iNews.id - Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menangkap DPO Organisasi Papua Merdeka (OPM) Puncak, Mairon Tabuni alias Solikin. Penangkapan berlangsung di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak pada Senin (21/10/2024) pukul 09.05 WIT.

“Kami telah mengamankan DPO KKB Puncak atas nama Mairon Tabuni alias Solikin. Yang bersangkutan terlibat dalam kriminal penyerangan dan penembakan warga sipil di Ilaga Kabupaten Puncak,” ujar Kasatgas Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Senin (21/10/2024).

Dia menjelaskan, Mairon Tabuni merupakan anggota OPM atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kepala Air pimpinan Papuanus alias Jeki Murib di Kabupaten Puncak. Saat ini, kata dia Mairon Tabuni telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 terus bekerja keras untuk menegakkan hukum terhadap KKB di Papua demi terciptanya Papua yang aman dan damai," katanya.

Mairon Tabuni terlibat kasus penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil, Sudirman yang merupakan pedagang kios di Ilaga, Kabupaten Puncak, pada 23 Mei 2024.

Dalam peristiwa penyerangan tersebut, korban luka tembak serius di bagian punggung kaki kanan hingga tembus ke telapak kaki, serta luka di tulang kering kaki kiri yang tembus ke betis. 

Topik Menarik