Satgas Damai Cartenz Tangkap Mairon Tabuni Anggota KKB Kepala Air di Bandara Ilaga

Satgas Damai Cartenz Tangkap Mairon Tabuni Anggota KKB Kepala Air di Bandara Ilaga

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 13:43
share

MIMIKA, iNews.id - Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menangkap DPO Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Puncak Mairon Tabuni alias Solikin. Penangkapan dilakukan di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin (21/10/2024) pukul 09.05 WIT.

Mairon Tabuni merupakan anggota KKB yang terlibat dalam kasus penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil bernama Sudirman di Kabupaten Puncak pada 23 Mei 2024.

Dalam penembakan tersebut, korban yang merupakan pedagang kios di Ilaga mengalami luka tembak di bagian punggung kaki kanan hingga tembus ke telapak kaki. Kemudian luka tembak di tulang kering kaki kiri tembus ke betis. Kasus ini tercatat dalam Laporan Polisi Nomor LP/B/6/V/2024/SPKT/Polres Puncak dan DPO/11/VI/Res.1.7/2024/Reskrim.

“Kami telah menangkap DPO KKB Puncak atas nama Mairon Tabuni alias Solikin. Yang bersangkutan terlibat dalam kriminal penyerangan dan penembakan warga sipil di Ilaga Kabupaten Puncak,” ujar Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Senin (21/10/2024).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr Bayu Suseno menambahkan, Mairon Tabuni merupakan anggota KKB Kepala Air pimpinan Papuanus alias Jeki Murib di Kabupaten Puncak. Saat ini, Mairon Tabuni telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 terus bekerja keras untuk menegakkan hukum terhadap KKB di Papua demi terciptanya Papua yang aman dan damai," kata Kombes Bayu.

Topik Menarik