6 Pertanyaan di Alam Kubur dan Jawabannya, Lengkap Doa Terhindar dari Siksa

6 Pertanyaan di Alam Kubur dan Jawabannya, Lengkap Doa Terhindar dari Siksa

Gaya Hidup | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Pertanyaan di alam kubur dan jawabannya sekilas mudah dihafalkan saat masih hidup. Namun, semua itu bisa hilang tanpa bekas jika sudah sudah berada di alam kubur dan didatangi dua malaikat yakni, Malaikat Munkar dan Nakir. 

Kedua malaikat itu bertugas memberikan pertanyaan kepada setiap orang yang meninggal dunia.

Malaikat Munkar bertugas mendatangi seseorang yang selalu berbuat keburukan dalam selama hidupnya. Diceritaka bahwa Malaikat Munkar akan datang pada manusia yang sudah dikubur, dengan wujud yang menyeramkan.  

Sedangkan Malaikat Nakir memiliki tugas mendatangi orang yang berbuat baik selama hidupnya. Ia juga memiliki wujud yang lebih indah untuk dipandang. Orang-orang yang didatangi oleh Malaikat Nakir ini akan masuk ke dalam surga.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ} قَالَ: "ذَاكَ إِذَا قِيلَ لَهُ فِي الْقَبْرِ: مَنْ رَبُّكَ؟ وَمَا دِينُكَ؟ فَيَقُولُ: رَبِّيَ اللَّهُ، وَدِينِيَ الْإِسْلَامُ، وَنَبِيِّي مُحَمَّدٌ، جَاءَنَا بِالْبَيِّنَاتِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ، فَآمَنْتُ بِهِ وَصَدَّقْتُ. فَيُقَالُ لَهُ: صَدَقْتَ، عَلَى هَذَا عِشْتَ، وَعَلَيْهِ مِتَّ، وَعَلَيْهِ تُبْعَثُ"

Artinya: Dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw membacakan firman-Nya: Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. (Ibrahim: 27) Kemudian Rasulullah Saw bersabda: Demikian itu apabila ditanyakan kepadanya di dalam kuburnya, "Siapakah Tuhanmu, apa agamamu, dan siapakah Nabi (panutanmu)?" Maka ia (orang mukmin) akan menjawab, "Allah adalah Tuhanku, Islam agamaku, dan Nabi (panutanku) adalah Muhammad; dia telah datang kepada kami dengan membawa bukti-bukti dari sisi Allah, lalu saya beriman kepadanya dan membenarkannya.” Maka dikatakan kepadanya, "Kamu benar. Memang kamu hidup, mati, dan dibangkitkan dalam keadaan berpegangan kepada hal tersebut. (HR. Imam Tirmidzi).

Lantas, apa saja pertanyaan di alam kubur dan jawabannya? Berikut ulasannya.

Pertanyaan di Alam Kubur dan Jawabannya

1. Man rabbuka? Siapa Tuhanmu?

Jawabannya: الله ربي Allahu Rabbi (Allah Tuhanku)

2. Ma dinuka? Apa agamamu?

Jawabannya: الاسلام ديني (Islam agamaku)

3. Man nabiyyuka? Siapa Nabimu?

Jawabannya: محمد نبي (nabiku Muhammad SAW)

4. Ma kitabuka? Apa kitabmu?

Jawabannya: القران كتابي – Kitabku Al-Qur’an

5. Aina qiblatuka? Di mana kiblatmu?

Jawabannya: الكعبة قبلتي (Ka’bah kiblatku)

6. Man ikhwanuka? Siapa saudaramu?

Jawabannya: المسلمون والمسلمات إخواني (kaum muslimin dan muslimat saudara-saudaraku).

Kunci sukses menjawab enam pertanyaan di alam kubur oleh Malaikat Munkar dan Nakir itu sangat berhubungan erat dengan amal ibadah yang dikerjakan selama hidup di dunia mulai shalat 5 waktu apalagi dengan berjamaah di masjid, sudah pasti tidak akan mengalami kesulitan menjawab semua pertanyaan tersebut. 

Kesuksesan menjawab semua pertanyaan itu menjadi penentu kesuksesan-kesuksesan berikutnya apakah seseorang akan masuk ke surga atau ke neraka. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang senatiasa sukses dalam menghadapi semua pertanyaan di alam kubur.

Doa Terhindar Siksa Kubur

Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk berlindung dari siksa kubur, bahkan Nabi SAW tidak pernah lepas berdoa setelah sholatnya memohon dijauhkan dari siksa kubur tersebut.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

أَبُو هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا فَرَغَ أَحَدُكُمْ مِنْ التَّشَهُّدِ الْأَخِيرِ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Artinya: Abu Hurairah berkata; Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda: "Jika salah seorang dari kalian selesai membaca tasyahud akhir hendaklah berlindung kepada Allah dari empat perkara; dari siksa neraka jahannam, siksa kubur, fitnah kehidupan dan fitnah setelah mati serta dari fitnah Al Masih Dajjal. " (HR. Ibnu Majah) [No. 909 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Shahih.

1. Doa Selamat di Alam Kubur Dibaca saat Tahiyat Akhir

اَللَّهُمَّ إِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Latin: Allahumma Innii a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabin naari wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihi dajjaal.

Artinya: Yaa Allah aku berlindung kepada Engkau dari adzab (siksa) kubur, dan dari siksa neraka dan fitnah kehidupan, fitnah setelah kematian dan fitnah dari al Masih Ad Dajjal.

2. Doa Sapu Jagat Kebaikan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: Rabbanaa aatinaa fi duniaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa 'adzaa bannaar

Artinya: "Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. Al Baqarah: 201).

3. Doa Selamat dari Siksa Neraka

Doa selamat dari siksa kubur lainnya yang bisa diamalkan:

رَبَّنَآ اِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ اَخْزَيْتَهٗۗ وَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

Artinya: Ya Rabb kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolong pun. (QS. Ali Imran: 192)

4. Doa Diwafatkan bersama orang-orang yang baik

رَبَّنَآ اِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُّنَادِيْ لِلْاِيْمَانِ اَنْ اٰمِنُوْا بِرَبِّكُمْ فَاٰمَنَّاۙ رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْاَبْرَارِۚ

Artinya: Ya Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu):"Berimanlah kamu kepada Rabbmu"; maka kamipun beriman. Ya Rabb kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti. (QS. Ali Imran: 193).

5. Doa Minta Tidak Dihinakan di Hari Kiamat

رَبَّنَا وَاٰتِنَا مَا وَعَدْتَّنَا عَلٰى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيٰمَةِۗ اِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Artinya: Ya Rabb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji". (QS. Ali Imran: 194).

Demikian ulasan 6 pertanyaan di alam kubur dan jawabannya dalam Islam lengkap dengan doa terhindar azab kubur.

Wallahu A'lam

Topik Menarik