3 Calon Ajudan Prabowo Subianto dari Tiga Matra, Siapa Saja?

3 Calon Ajudan Prabowo Subianto dari Tiga Matra, Siapa Saja?

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 22:23
share

JAKARTA, iNews.id – Tiga nama calon ajudan Presiden Prabowo Subianto telah muncul dari tiga matra TNI, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Mereka telah melalui seleksi ketat di matra masing-masing, sebelum namanya diserahkan ke Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

Dari Angkatan Darat (AD), terpilih Kolonel Infanteri Wahyo Yuniartoto. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memastikan Wahyo telah menyisihkan beberapa kandidat lainnya.

"Iya, ada beberapa yang diseleksi, tapi hanya dia yang terpilih," ujar Maruli saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

Kolonel Wahyo adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2001 dan saat ini menjabat sebagai Komandan Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus), salah satu satuan elite TNI AD.

Sementara itu, dari TNI Angkatan Laut (AL), Letkol Laut (P) Romi Habe Putra berhasil terpilih. Sebelumnya, Romi menjabat sebagai Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366, kapal perang yang dikenal dengan kemampuan tempurnya. 

"TNI AL sudah menyeleksi kandidat terbaik sejak September, dan Letkol Laut (P) Romi Habe Putra terpilih sebagai calon ajudan Presiden," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana.

Romi adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2002 dan menjadi lulusan terbaik dalam Penutupan Pendidikan Kematraan 3 TNI AL Angkatan Ke-12.

Dari Angkatan Udara (AU), Kolonel Penerbang Anton "Sioux" Palaguna dipilih sebagai calon ajudan Presiden. KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono membenarkan kabar tersebut.

"So far, iya, Anton Palaguna yang terpilih. Dia penerbang Sukhoi dan F-16, dulu saya yang mengajarnya," kata Tonny saat ditemui di Jakarta Pusat.

Anton dipilih dari tiga kandidat AU yang diusulkan, meski hingga kini belum ada surat resmi terkait pengangkatannya.

Topik Menarik